Kesigapan Banser Lakukan Bersih-bersih Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Semeru

oleh -dibaca 337 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Lumajang terus sigap melakukan pembersihan lumpur sisa banjir di Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang, Ahad (21/04/2024) Pasca banjir lahar dingin Semeru.

“Kami di sini bersama para relawan lain turut membersihkan sampah-sampah sisa banjir dan mengeluarkan barang rusak (tidak layak pakai) dari rumah warga,” ungkap Ahmad Sholeh, salah satu Banser asal Kedungjajang yang ikut bersih-bersih.

Pria yang juga kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kedungjajan melaporkan, saat ini pihaknya melakukan bersih-bersih di RT 01 RW 07 Rogotrunan tepatnya di rumah Ibu Nur Hotimah, Jumiati dan rumah warga yang terdampak banjir lainnya.

BACA JUGA:   Banjir di Lumajang, Banser Bersama TNI Sigap Evakuasi Warga

“Alhamdulillah, menurut kami pengerjaan pembersihan ini berlangsung cepat berkat adanya kerjasama antar Lembaga Nahdlatul Ulama (NU), Badan Otonom (Banom) NU dan para relawan lainnya,” ucap Komandan Banser Kedungjajang itu.

Tak hanya di wilayah kota, personil Banser lainnya juga terus melakukan pembersihan rumah warga dan fasilitas umum lainnya di wilayah Sukodono, Candipuro dan wilayah lainnya yang terdampak Banjir Lahar Dingin Semeru beberapa waktu lalu yang mengakibatkan longsor dan rusaknya beberapa jembatan.

“Semoga wilayah-wilayah yang terdampak banjir maupun tanah longsor cepat pulih seperti sedia kala agar warga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang,” pungkasnya.