Gubernur Jatim Kunjungi Lokasi Banjir Lahar Semeru

oleh -dibaca 387 orang
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi lokasi bencana di Lumajang pada Ahad (09/07/2023)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung penanganan dampak bencana tanah longsor dan banjir lahar semeru di Kecamatan Candipuro Lumajang, Ahad (09/07/2023).

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyapa para penyintas banjir lahar di lokasi pengungsian Desa Jarit.

Bahkan, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu juga menyalurkan bantuan kematian kepada ahli waris korban tanah longsor.

Selain mengunjungi para pengungsi, rombongan Khofifah juga meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir lahar, seperti area permukiman dan jembatan gantung Kaliregoyo di Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh dan Jembatan Pencut di Desa Kloposawit.

Pihaknya menegaskan, jika proses pembangunan jembatan darurat akan segera dimulai dengan membangun jembatan darurat bailey di dua jembatan utama, yakni Jembatan Pencut dan Jembatan Kali Glidik.

BACA JUGA:   Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Lumajang, Cek Titik Koordinatnya

“Doakan dalam 2 bulan ini bisa selesai ya, soalnya material bailey sudah siap,” ungkapnya.

Sementara dua jembatan limpas di Dusun Sumber Kajar, Desa Jugosari dan jembatan limpas di Kaliputih, Gesang, Tempeh akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.