Gandeng TNI, BAGANA Bersihkan Rumah Warga Terdampak Lahar Semeru

oleh -dibaca 657 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Pasirian. Banser Tanggap Bencana (BAGANA) PCNU Kabupaten Lumajang bersama TNI melaksanakan giat bersih rumah warga terdampak banjir Lahar Gunung Semeru, Kamis, (13/07/2023).

Tepatnya di Dusun Kaliputih, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, BAGANA PCNU Kabupaten Lumajang rutin turun melakukan pembersihan.

Kegiatan itu dilakukan dengan menerjunkan anggota BAGANA dan bergandengan bersama relawan kebencanaan.

Selamet Hadi, Ketua BAGANA PCNU Kabupaten Lumajang mengatakan, hampir setiap hari kami melakukan kegiatan yang sama, yaitu bersih-bersih rumah warga.

Dia menilai, selain keperluan rumah tangga membersihkan rumah warga juga tidak kalah penting.

“Kali ini kami bersama dengan Koramil Pasirian melaksanakan kegiatan bersih rumah warga yang terdampak Lahar Gunung Semeru,” katanya.

BACA JUGA:   Jaga Tradisi, Ansor dan Banser Sumberwringin Gelar Upacara Hasta Pora

Dia menjelaskan, di desa Nguter tersebut masih banyak rumah warga yang terdampak. Lumpur lahar Semeru masih mengendap baik di jalan, maupun rumah warga.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan aksi serupa, yaitu membantu warga untuk membersihkan rumah yang terdampak.

“Kami harap tidak semua fokus masalah pendistribusian bantuan. Membersihkan rumah warga yang terdampak juga penting agar warga bisa kembali menempati tempat tinggal mereka,” harapnya.