Bagana Lumajang Bantu Evakuasi Barang-Barang Milik Warga Korban Banjir Lahar Dingin Semeru

oleh -dibaca 1057 orang
Bagana Lumajang Bantu Evakuasi Barang-Barang Milik Warga Korban Banjir Lahar Dingin Semeru
(Sumber foto: Rokhmad) Bagana Lumajang saat mengangkat barang milik warga korban banjir lahar dingin Semeru

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Lumajang turut membantu mengevakuasi barang-barang milik warga korban banjir lahar dingin Semeru yang masih bisa diselamatkan, Sabtu (08/07/2023).

Banjir lahar dingin Semeru yang terjadi pada Jum’at (07/07/2023) kemarin mengakibatkan ratusan warga harus tinggal di pengungsian akibat banjir yang meluap ke pemukiman warga di beberapa titik.

Selamet Hadi, Ketua Bagana Kabupaten Lumajang menjelaskan, saat ini pihaknya turun ke daerah terdampak lahar Gunung Semeru, tepatnya di Dusun Karangwage Desa Jugosari Kecamatan Candipuro.

Warga yang berada pada daerah tersebut mengalami dampak Lahar dingin Gunung Semeru lantaran tanggul penahan aliran lahar jebol, sehingga air meluap dan masuk ke rumah rumah warga.

BACA JUGA:   Jelang Ikuti Diklatsus, Banser Lumajang Adakan Rapat

“Tanggulnya jebol, airnya meluap dan masuk ke rumah warga,” katanya, Sabtu (08/07/2023)

Dia menambahkan, seluruhnya warga pada daerah tersebut sudah diungsikan dan pihaknya kembali turun ke daerah tersebut untuk melakukan evakuasi barang milik warga.

“Kalau warganya sudah diungsikan semua, kami fokus evakuasi barang seperti hewan ternak dan barang berharga milik warga, saat ini masih ada enam rumah yang belum bisa kami evakuasi karena ada di sebrang sungai, menunggu air surut dulu,” pungkasnya.