Upaya Aktifkan LTN Tingkat MWCNU, LTN PCNU Gelar Madrasah Jurnalistik

oleh -dibaca 517 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Sebagai upaya untuk mengaktifkan Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) di setiap Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Lumajang, LTN Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang mengadakan Madrasah Jurnalistik sesi 1, Ahad (29/10/2023).

Pelatihan yang sekaligus dirangkai dengan acara launching logo baru nu-lumajang.or.id ini, diikuti oleh 25 peserta dari setiap MWCNU se-Kabupaten Lumajang.

Pemimpin Redaksi nu-lumajang.or.id Rokhmad mengatakan, Madrasah Jurnalistik merupakan salah satu program dari LTN PCNU Lumajang, dengan harapan para peserta bisa meliput berita di masing-masing kecamatannya.

“Dalam pelatihan ini, kami lebih serius untuk mencetak para kader yang bisa menggerakkan LTN di masing-masing MWCNU se-Kabupaten Lumajang,” ujarnya saat sambutan opening ceremony di Gedung PCNU Kabupaten Lumajang.

BACA JUGA:   Tampil Hari ini, LTNNU Lumajang Optimis Jadi yang Terbaik di NU Award JATIM 2022

Ketua LTN PCNU Lumajang Qosim menyampaikan, LTN merupakan salah satu lembaga PCNU Lumajang yang menangani di bidang berita, pembuatan buku, medsos, dan broadcast.

“Maka dari itu, kita siap mengadakan segenap pelatihan, baik tentang desain, website, konten kreator, dan lain sebagainya, karena kami rasa teman-teman LTN mampu untuk mengadakannya,” ujarnya di sela-sela mengaisi sambutan.

Ia melanjutkan, untuk saat ini pelatihan difokuskan pada pembahasan jurnalistik, subagai bentuk upaya menambah gairah kader-kader NU pada bidang penulisan.

“Saat ini kita fokus terkait jurnalistik atau pembuatan berita, ini terus berkelanjutan selama sebulan, jadi nanti di setiap minggu akan ada follow up via Zoom dan syarat mendapatkan sertifikat hanya dikhususkan bagi peserta yang sudah mengirim minimal 5 berita,” ujarnya tegas.

BACA JUGA:   Menuju Media Profesional, nu-lumajang.or.id Siapkan SOP Baru

Sementara Koordinator Bidang V LTN PCNU Lumajang H. Muhammad Najib menuturkan, banyak sekali orang-orang hebat lahir dari jurnalistik, begitupun tokoh-tokoh NU banyak lahir dari jurnalistik.

“Masa depan NU ada di tangan kalian, apabila kader NU banyak yang mahir di bidang jurnalistik, maka akan banyak memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” tutup Aba Najib saat sambutan yang sekaligus membuka kegiatan Madrasah Jurnalistik.