Tips Cegah Penyakit dengan Menjaga 4P Ala Ketua LK PCNU Lumajang

oleh -dibaca 387 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Ketua Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang, dr. Imannurdin Abdillah, M.Kes. memberikan tips mencegah penyakit dengan menjaga 4P, yaitu pola makan, pola hidup, pola pikir, dan jangan kebanyakan polah (bermewah-mewah).

Hal itu diungkapkan pria yang biasa disapa Dokter Iman ini saat mengisi kajian kesehatan di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Kamis (11/01/2024).

“Pola makan yang tidak sehat itu biasanya sering terlambat makan, keliru makan, dan makan terlalu banyak,” ungkap dokter yang pernah menjabat Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gucialit tersebut.

Dalam acara yang bertajuk ‘Sehati dengan 4P’ ini, Dokter Iman menjelaskan, salah satu cara untuk menjaga pola hidup sehat ialah beristirahat (tidur) dan bermain gadget secukupnya.

BACA JUGA:   Jaga Kesehatan Peserta Musker, LK PCNU Lumajang Buka Layanan Kesehatan Gratis di Lokasi

“Tirulah Rasulullah SAW, beliau istirahat antara jam delapan dan di bawah jam sepuluh, kemudian bangun untuk melaksanakan shalat tahajud, lalu tidur lagi dan kemudian bangun waktu subuh,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengataka kepada masyarakat agar tetap menjaga pola pikirnya, karena setiap hari otak manusia hanya bisa fokus selama enam jam.

“Kemudian, kebanyakan polah ini karena kebiasaan merokok, sering jajan berlebihan dan banyak lagi lainnya yang bisa mengganggu kesehatan, hanya sedikit orang yang melakukan ini tapi tidak menemukan solusi,” lanjutnya.

Terakhir Ia menambahkan, menjaga kesehatan itu penting dan untuk menjaganya dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti memakan makanan yang menyehatkan, minum secukupnya dan berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:   Gandeng LK PCNU Lumajang, IPHI Gelar Khitan Massal Gratis

“Hampir semua penyakit itu bisa dicegah dan diobati, hanya saja tergantung pada diri kita sendiri untuk menjaga 4P tadi itu,” tutupnya.