Gandeng LK PCNU Lumajang, IPHI Gelar Khitan Massal Gratis

oleh -dibaca 707 orang
LK PCNU dan IPHI Lumajang saat menggelar khitan massal gratis pada Sabtu (05/08/2023)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lumajang bersama Lembaga Kesehatan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LK PCNU) Lumajang menggelar Santunan Anak Yatim dan Khitan Massal di Gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jalan Ahmad Yani, Kepuharjo, Lumajang, Sabtu (05/08/2023).

Sedikitnya, lebih dari 50 anak dikhitan oleh tenaga medis NU, dan puluhan anak yatim lainnya mendapatkan santunan dari panitia.

“Sekitar 50 anak yang dikhitan mas, dan sekian lainnya kami berikan santunan,” ungkap Ketua IPHI Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin saat dikonfirmasi nu-lumajang.or.id.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan jika tenaga medis yang melakukan khitan ini semuanya dari dokter NU Lumajang dengan menggunakan teknik khitan modern (couter) yang bisa meminimalisir perdarahan.

BACA JUGA:   LK PCNU Siapkan Program Asuransi Kesehatan Santri

“Semua tenaga medisnya kami datangkan dari LKNU mas,” ungkap Pria yang juga Anggota DPRD Lumajang itu.

Hal senada juga diungkapkan Ketua LK PCNU Lumajang, dr Imanuddin, menurutnya tenaga medis yang ditugaskan dalam kegiatan ini sebanyak 2 tenaga medis dan 18 paramedis.

Selain melakukan khitan, pihak tenaga medis melakukan screening riwayat kesehatan anak-anak dan memberikan edukasi penanganan pasca khitan.

“Selain melakukan khitan, sebelumnya kita lakukan screening dan pendampingan penanganan pasca khitan kepada orang tua anak mas,” ujar dr Iman sapaan akrab Ketua LK PCNU Lumajang.

Seusai melakukan khitan massal, panitia juga memberikan santunan bagi belasan anak yatim yang diundang dalam kegiatan ini, sebab kegiatan ini digelar dalam memeringati bulan Muharram 1445 Hijriyah.