Derita Sakit Maag? Begini Tips Ketua LKNU Agar Puasa Tetap Kuat

oleh -dibaca 217 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Ketua Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang, dr. Imannurdin Abdillah, M.Kes. mengatakan, solusi untuk orang-orang yang mempunyai penyakit maag (tukak lambung) ialah menjaga keyakinan hati dan pikiran.

Hal itu ia jelaskan saat mengisi ‘KURMA (Kajian Keutamaan Ramadhan)’ di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Ahad (17/03/2024).

“Hati dan pikirannya itu harus ditata dulu, yakinkan hati dan pikiran bahwa ‘saya yakin kuat dan sanggup untuk berpuasa walaupun mempunyai penyakit maag, karena tidak mungkin kewajiban atau kesunnahan yang disampaikan Nabi SAW itu akan menyiksa kita,’ begitu,” jelasnya.

Dalam acara yang bertajuk ‘Tips Tetap Bugar di Bulan Ramadhan’ ini, dirinya melanjutkan bahwa solusi berikutnya ialah dengan mengawali berbuka puasa dan mengakhiri makan sahur.

BACA JUGA:   Penting! Inilah Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa 

“Berbukanya dengan yang ringan-ringan dulu biar lambungnya tidak kaget, karena lambung itu mengosongkan isinya 2 jam, pada saat berpuasa pergerakannya menjadi lambat, dan lambung itu suka keteraturan,” tambah Dokter Iman, sapaan akrabnya.

Terakhir ia menyampaikan, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar maka menu untuk berbuka puasa dan sahurnya harus mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat.