Ingin Sehat dan Bugar Saat Puasa? Ini 4 Rekomendasi Menu Bergizi untuk Makan Sahur

oleh -dibaca 217 orang

Saat berpuasa, pastinya tubuh memerlukan energi yang cukup agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Karena itu, penting bagi setiap individu untuk memperhatikan jenis asupan saat sahur. Lantas, apa rekomendasi menu sahur sehat yang mudah disiapkan?

Pada dasarnya, menu sahur sehat dapat dilihat dari komposisi gizinya. Adapun sejumlah gizi yang perlu disediakan dalam hidangan sahur sehat adalah karbohidrat, vitamin, mineral, serta protein.

Sahur merupakan salah satu bagian penting yang disunnahkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam yang akan melakukan ibadah puasa, karena dengan makan sahur akan mendapatkan keberkahan. Dalam hadits shahih, Anas radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

تَسَحَّرُوْا، فَإِنَّ فِى السُّحُوُرِ بَرَكَةً. [مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ]

Artinya: ‘Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu mengandung keberkahan.’ [Muttafaqun alaihi] (Lihat kitab Fathu al-Qarib al-Mujib ala Tahdzibi at-Targhib wa at-Tarhib, halaman 149, Maktabah Hai’ah As Shofwah Surabaya, karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani).

BACA JUGA:   Derita Sakit Maag? Begini Tips Ketua LKNU Agar Puasa Tetap Kuat

Selain mendapatkan keberkahan, makan sahur juga menjadi salah satu kunci agar kita dapat lebih kuat dalam menjalani puasa dari terbit fajar shadiq (waktu subuh) hingga terbenamnya matahari (waktu maghrib).

Selain aktivitas sahur, menu makanan sahur juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan. Karena dengan mengkonsumsi menu yang bergizi seimbang, akan membuat tubuh tetap sehat dan terpenuhi berbagai kebutuhan penting lainnya.

Dikutip dari upk.kemkes.go.id, ada 4 (empat) tips sehat makan sahur selama bulan Ramadhan agar tubuh tetap bugar, diantaranya adalah:

1. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, ubi jalar dan oatmeal

Karbohidrat kompleks merupakan makanan sehat untuk sahur yang dapat menjaga tubuh agar tetap berenergi selama menjalani ibadah puasa. Sebab, karbohidrat kompleks akan dicerna secara perlahan yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Agar lebih sehat, makanan tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus.

BACA JUGA:   Penting! Inilah Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa 

2. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin harian

Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah segar juga mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Selain itu, juga disarankan mengkonsumsi sayur, karena sayur dapat memelihara kesehatan saluran cerna serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

3. Perbanyak mengkonsumsi air

Mengkonsumsi air secukupnya saat sahur dapat mencegah dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan mudah lelah saat berpuasa. Tak hanya sahur, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh disarankan minum air putih saat berbuka puasa dan makan malam (setelah berbuka atau setelah shalat tarawih).

BACA JUGA:   Penting! Inilah Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa 

4. Perbanyak mengkonsumsi protein untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan meningkatkan imun tubuh

Makanan berprotein tinggi juga direkomendasikan sebagai menu sahur sehat karena dapat membantu membangun serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh seperti susu, telur, daging ikan, daging ayam, dan daging sapi. Namun, sebelum mengolah daging-dagingan, disarankan untuk membuang lemak yang masih menempel agar tidak memicu peningkatan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengkonsumsi menu-menu diatas dapat memberikan tambahan energi agar mampu menjalani puasa di bulan Ramadhan 1445 Hijriah ini, sehingga kesehatan dapat terus terjaga dan ibadah dapat terus berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

Wallâhu a’lam bisshawab.