Penting! Inilah Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa 

oleh -dibaca 437 orang

Bagi pengidap maag yang ingin berpuasa, wajib memperhatikan asupan makanannya agar penyakit tidak kambuh. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang salah dan menerapkan gaya hidup tidak sehat bisa memicu maag kambuh yang pada akhirnya membatalkan puasa.

Melansir dari laman halodoc.com, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pengidap maag saat puasa. Pasalnya, makanan ini dapat memicu naiknya asam lambung yang pada akhirnya mengganggu aktivitas puasa.

Untuk itu penderita penyakit maag juga harus tau beberapa makanan yang harus di hindari saat melaksanakan puasa, diantaranya yaitu:

1. Makanan Tinggi Lemak

makanan berlemak juga bisa menunda pengosongan perut, ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, maka risiko maag pun meningkat.

BACA JUGA:   Ingin Sehat dan Bugar Saat Puasa? Ini 4 Rekomendasi Menu Bergizi untuk Makan Sahur

Contoh makanan berlemak yang sebaiknya dihindari, yaitu daging merah, gorengan, mentega, susu, keju, dan es krim.

2. ⁠Makanan Pedas

makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan memicu sensasi terbakar pada pengidap asam lambung.

Hal ini disebabkan oleh capsaicin, senyawa kimia yang membuat makanan terasa pedas, yang dapat mengiritasi bagian kerongkongan dan menyebabkan refluks asam

3. ⁠Buah dan Sayuran Tertentu

Buah dan sayuran pada umumnya sangat disarankan untuk penyakit maag tetapi meski begitu ada beberapa buah dan sayuran yang perlu di hindari penyakit maag seperti jeruk, lemon, nanas, tomat dan bawang-bawangan mentah, alasannya karena buah dan sayuran tersebut mengandung rasa masam yang memicu refluks.

BACA JUGA:   Derita Sakit Maag? Begini Tips Ketua LKNU Agar Puasa Tetap Kuat

4. ⁠Minuman Tertentu

Beberapa minuman juga dapat memicu gejala maag seperti minuman yang mengandung kafein dan berkarbonisasi seperti kopi, teh, soda dan lain-lain

5. ⁠Makanan yang Sulit Dicerna

Mengonsumsi makanan yang sulit di cerna pada saat berpuasa juga dapat memicu penyakit maag kambuh, dikarenakan mengonsumsi makanan yang sulit di cerna dapat memperlambat pengosongan pada lambung.

No More Posts Available.

No more pages to load.