Darurat Kekeringan Berlanjut, NU Kembali Droping Air Bersih

oleh -dibaca 237 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang, melalui Tim NU Peduli kembali menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.

Kali ini, NU menggandeng Baznas Lumajang mengirimkan 50.000 liter air ke 10 titik di Kecamatan Ranuyoso dan Kecamatan Gucialit, Selasa (10/10/2023).

“Sebagaimana arahan dari BPBD Lumajang, kami kebagian 10 titik mas,” ungkap Sekretaris LPBI PCNU Lumajang, Ahmad Kustari.

Droping air bersih ini merupakan kali kedua yang dilakukan NU, setelah sebelumnya NU Peduli juga mengirimkan air bersih ke titik yang sama.

“Ini bagian tugas kami (NU), sebab selain diniyyah islamiyyah (keagamaan Islam) NU juga bergerak di bidang ijtima’iyyah (sosial),” ungkap Sekretaris PCNU Lumajang, Dr. Ahmad Ihwanul Muttaqin.

BACA JUGA:   Rais PCNU: Terima Kasih atas Perjuangan dan Pengabdian KH Mahrus Ali untuk NU

Pihaknya mengimbau seluruh Jama’ah NU ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menyalurkan bantuan melalui NU-Care Lazis PCNU Lumajang.

“Karena musim kemarau masih terjadi, saya mengajak warga NU ikut bersedekah air melalui LazisNU,” tambahnya.

Sebagaimana data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, musim kemarau tahun ini mengakibatkan 17 Desa di Lumajang mengalami krisis air bersih.