NU Peduli Distribusikan 50 Ribu Liter Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

oleh -dibaca 1247 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. NU Peduli Lumajang melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) dan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang mendistribusikan 50 ribu air bersih ke warga yang terdampak kekeringan, Kamis (28/09/2023).

50 ribu air tersebut dikirim secara bertahap setiap harinya, untuk hari ini sebanyak 10 truk tangki air diberangkatkan dari Gedung PCNU Lumajang yang dibuka langsung Wakil Rais PCNU Lumajang, KH Fanandri Abdussalam.

Ketua LPBI PCNU Lumajang, H Ali Su’ud mengatakan, ada tiga desa di dua Kecamatan yang mengalami kekurangan air akibat musim kemarau sehingga sumber air warga menjadi kering.

“Di Desa Dadapan Gucialit, Desa Jenggrong dan Meninjo Kecamatan Ranuyoso yang tersebar di beberapa dusun, untuk selanjutnya setiap hari akan kami kirimkan 2 truk tanki air,” jelasnya.

BACA JUGA:   Lakukan Monitoring, Pembina Tim NU Peduli Kunjungi Posko MWC NU Candipuro

Dalam hal ini, dirinya akan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar air yang dikirim bisa menyebar kepada warga.

“Kurang lebih ada 308 KK yang membutuhkan air bersih disana,” imbuhnya.

Sementara itu, Haryono Subianto, Ketua LAZIS PCNU Lumajang menuturkan, timnya juga telah melakukan penggalangan dana untuk kebutuhan air bersih ini.

“Kita telah menggerakkan UPZIS (Unit Pengumpul Zakat Infaq) di MWCNU, satu MWC minimal 1 tanki, bantuan bisa dikirinkan langsung melalui alamat https://lazisnulumajang.org/program/sedekahairbersih?affiliate_code=undefined,” pungkasnya.