Muslimat NU Klakah Salurkan 18 Ribu Liter Air Bersih ke Ranuyoso

oleh -dibaca 887 orang
Muslimat NU Klakah Salurkan 18 Ribu Liter Air Bersih ke Ranuyoso
(Sumber: Muslimat NU Klakah) Muslimat NU Klakah bersama warga yang mengantri mendapatkan bantuan air bersih

NU-LUMAJANG.OR.ID, Ranuyoso. PAC (Pengurus Anak Cabang) Muslimat NU Klakah menyalurkan sebanyak 18 ribu liter air bersih ke Ranuyoso pada Ahad (01/10/2023).

Air bersih disalurkan di dua desa yang terdampak kekeringan di Kecamatan Ranuyoso, yaitu Desa Wates Kulon dan Desa Meninjo.

Ketua PAC Muslimat NU Klakah Hj Sulfi mengungkapkan, 18 ribu liter air bersih masing-masing dibagikan sebanyak enam ribu liter di Desa Wates Kulon dan Desa Meninju.

“Enam ribu liter lagi disalurkan ke masjid yang berlokasi di Desa Wates Kulon,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, penyaluran air bersih ini merupakan bentuk kepedulian Muslimat NU Klakah terhadap kekeringan yang tengah melanda beberapa desa di Lumajang.

BACA JUGA:   Gerak Aktif Layani Masyarakat, Muslimat NU Lumajang Buat MoU dengan Lapas

“Untuk sekadar membantu mencukupi kebutuhan air beberapa hari, karena kemarau yang panjang membuat warga kesulitan mendapatkn air bersih,” ungkapnya.

Muslimat NU Klakah Salurkan 18 Ribu Liter Air Bersih ke Ranuyoso
(Sumber: Muslimat NU Klakah) Pengurus PAC Muslimat NU Klakah saat menyalurkan bantuan air bersih

Seperti yang diketahui, mayoritas warga Ranuyoso mengandalkan air hujan untuk mencukupi kebutuhan air bersih, sedangkan beberapa bulan kemarau dan membuat persediaan air menipis.

Sulastri selaku Sekretaris PAC Muslimat NU Kalakah juga menambahkan, bantuan ini merupakan hasil dari galang dana anggotan Muslimat NU Klakah.

“Kami senang karena mendapatkan respon baik dari warga, mereka sangat merasa terbantu dengan penyaluran air bersih ini,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, untuk mencukupi kebutuhan air setiap hari biasanya masyarakat setempat harus membeli dan untuk mencuci masih harus ke Ranupakis yang jaraknya sekitar 12-15 kilometer.

BACA JUGA:   PW Muslimat NU Jatim Resmikan Gedung RA Muslimat NU di Sumbermujur

“Semoga bantuan dari kami memberikan manfaat yang besar bagi mereka,” pungkasnya.