Peringati Hari Ibu, Muslimat Klakah Rawat ODGJ

oleh -dibaca 1097 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Klakah. Masih dalam seputar peringatan Hari Ibu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Klakah bekerja sama dengan Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Lumajang mengadakan Kegiatan Merawat Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di depan Masjid Darus Salam Ranupakis, Jum’at (29/12/2023).

Ketua PAC Muslimat NU Klakah, Ustadzah Sulfi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap seseorang yang gangguan jiwa, agar masayarakat di sekitar tidak ada keresahan dengan bau yang tidak sedap yang sangat menyengat.

“Maka kemudian kami Muslimat NU Klakah punya inisiatif untuk merawat beliau, mengganti baju yang sangat lusuh, memotong kuku, mencukur rambut sampai bersih dan kelihatan cantik,” ungkap Ustadzah Sulfi.

BACA JUGA:   Upaya Bantu Ciptakan Migrasi Aman, Muslimat NU Klakah Gelar Sosialisasi

Menurutnya, kegiatan merawat ODGJ tersebut adalah yang kedua kalinya dalam setahun ini, karena sebelumnya pernah dilakukan saat Maret lalu.

“ODGJ kali ini sudah berusia sekitar 70 tahun, tetapi beliau masih kelihatan sehat dan bertenaga, terbukti ketika kami mendekat beliau berontak, bahkan melempar kerikil yang ada disekitarnya,” paparnya.

Akan tetapi hal tersebut tidak membuat anggota Muslimat Klakah putus asa dan menyerah begitu saja.

“Diiringi bacaan Sholawat dan perlakuan yang halus, Alhamdulillah akhirnya beliau kelihatan tenang dan merasa senang kami merawat sampai selesai, ketika sudah bersih dan rapi kita hibur beliau dengan bernyanyi bersama, Subhanallah beliau juga ikut bertepuk tangan,” jelas Ustadzah Sulfi.

BACA JUGA:   Peringati Nuzulul Quran, MWC NU Klakah dan Muslimat NU Mlawang Santuni 200 Anak Yatim dan 50 Dhuafa

Pegurus PC Muslimat NU Lumajang mengapresiasi kegiatan merawat ODGJ yang dilakukan oleh PAC Muslimat NU Klakah ini.

“Kami mewakili PC Muslimat NU Lumajang mengucapkan terima kasih kepada PAC Muslimat NU Klakah yang peduli terhadapat sesama manusia yang hari ini merawat ODGJ, semoga kegiatan ini barokah dan istiqomah untuk bermanfaat kepada ODGJ yang lain,” ungkap Bendahar PC Muslimat NU Anis Setiyani.