KH Satuyar Mufid: Al-Qur’an adalah Panduan Hidup Bagi Manusia

oleh -dibaca 217 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Rektor Institusi Agama Islam (IAI) Syarifuddin Wonorejo Lumajang, KH Satuyar Mufid menerangkan Al-Qur’an adalah panduan hidup bagi manusia karna Al-Qur’an petunjuk bagi manusia dan juga memberikan keterangan bagi manusia.

Hal itu ia jelaskan saat ‘Ngaji Selosoan’ di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Senin (22/01/2024).

“Maka penting kita semua ini yang namanya hidup mengikuti petunjuk-petunjuknya, mobil aja kita memegang panduannya/petunjuknya maka ketika kita mengikuti petunjuknya ya cocok dengan pabriknya, kita ini produknya Allah,” jelasnya.

Kemudia ia melanjutkan, hidup di dunia bukan karna maunya manusia dan juga sebaliknya meninggalkan dunia juga bukan kehendaknya manusia.

BACA JUGA:   Kiai Musleh Adnan: Mati itu Pasti tanpa Menunggu Sebab

“Maka kita penting untuk menyadari kita ada maunya siapa,” lanjutnya.

Rektor IAI Syarifuddin itu juga menyampaikan, Allah SWT akan memberikan kepada semua hambanya dengan ketetapan takdirnya tanpa harus diminta oleh hambanya.

“Kenyataan kalau keinginan orang sangat berharap tapi ternyata gak dikasih oleh Allah, ada orang yang tidak menginginkan tapi di kasih oleh Allah SWT,” lanjutnya.

Akhir penyampaian, ia menerangkan bahwa seorang hamba jangan bermain-main kehidupan di dunia karena sudah memiliki panduan kehidupan oleh Allah SWT.

“Kita bukan mikik kita tapi milik Allah, tiap hari kita menghadap kepadanya selalu menyatakan stetmen ketika sholat, ibadah saya, hidup saya ya allah mulai dari lahir, mati saya, adalah miliknya Allah pencipta seluruh alam, maka penting sekali kita mengikuti petunjuk-petunjuknya,” akhirnya.