Bupati dan Wabup Lumajang Imbau Jemaah Haji untuk Perhatikan Hal-hal Ini

oleh -dibaca 1007 orang
Bupati dan Wabup melepaskan Jemaah Haji Lumajang 2023 di Pendopo Arya Wiraraja pada Senin 29 Mei 2023 (Foto: Shufyan, nu-lumajang.or.id)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dan Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Hj. Indah Masdar Amperawati memberikan beberapa pesan khusus kepada jemaah haji dari Kabupaten Lumajang, pesan tersebut disampaikan keduanya saat pelepasan 790 jemaah haji yang digelar di Pendopo Arya Wiraraja, Senin (29/5/23).

“Sesama jemaah harus saling mengerti yang sekiranya bisa ikut membantu maka bantu, ibadah bersama-sama sesuai kloter dan kelompok masing-masing, jemaah yang muda membantu yang lebih sepuh, saling mengingatkan kesehatan itu yang lebih utama,” kata Cak Thoriq panggilan akrab Bupati Lumajang.

Cak Thoriq mengungkapkan, hal-hal teknis meskipun remeh harus diinfokan kepada jemaah seperti bagaimana naik lift, eskalator, dan ketika ingin memasuki suatu tempat ibadah seperti multazam atau lainnya jangan sampai berdesak-desakan.

BACA JUGA:   NU-Muhammadiyah Berharap Cak Thoriq dan Bunda Indah Kembali Pimpin Lumajang

“Nunggu giliran,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda Indah (panggilan akrab Wabup Lumajang) mengingatkan, naik lift dan eskalator jangan sampai mencopot sendal, dan para jemaah harus tetap menjaga stamina dan kondisi tubuhnya dengan tetap mengkonsumsi makanan yang telah disediakan.

“Jadi harus tetap makan ngge, karena ibadah haji itu ibadah fisik, butuh asupan tenaga, dan jangan lupa tetap pakai masker meskipun Covid dinyatakan aman, karena disana ada virus lebih ganas yaitu virus sars,” ujar Bunda Indah.

Dirinya melanjutkan, saat Haji nanti di Makkah tepat saat puncak musim panas, maka para jemaah harus tetap menjaga kesehatan dan kondisi tubuhnya.

“Saling mengingatkan antar jemaah, membantu satu sama lainnya semoga semua diberi kesehatan dan kelancaran saat berangkat dan kembali pulang ke tanah air,” pungkasnya.