Resmi Dilepas, Jemaah Haji Kabupaten Lumajang Bakal Diberangkatkan 10 Juni Mendatang

oleh -dibaca 1477 orang
Pelepasan Jemaah Haji Lumajang 2023 di Pendopo Arya Wiraraja pada Senin 29 Mei 2023 (Foto: Shufyan, nu-lumajang.or.id)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Sebanyak 790 jemaah haji Kabupaten Lumajang resmi dilepas Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq pada Senin (29/5/23) di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang sore tadi dan bakal diberangkatkan bersama pada Sabtu (10/6/23) mendatang.

Acara pelepasan tersebut tampak dihadiri sejumlah tokoh, diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang H. Muhammad Muslim, Wakil Bupati Lumajang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul (PCNU) Lumajang Gus Muhammad Darwis dan tokoh lainnya.

Kepala Kantor Kemenag Lumajang, H Muhammad Muslim mengatakan, 790 jemaah ini dibagi menjadi dua kloter, yaitu kloter 48 dan 49 yang nantinya akan diberangkatkan bersama.

“Kloter 48 dijadwalkan masuk asrama haji Sukolilo pukul 17.00, sedangkan Kloter 49 pukul 21.00, dua kloter ini akan diberangkatkan bersamaan, namun kloter 49 akan transit dulu di Masjid Al Akbar Surabaya,” ungkap Muslim.

BACA JUGA:   Berkah NU, Motor Orang Ini Lolos Dari Curanmor

Dirinya menambahkan, jemaah haji asal Lumajang pada tahun ini banyak terdiri dari jemaah Lanjut Usia (Lansia), dengan rincian jemaah yang berumur antara 19 sampai 59 tahun sebanyak 446 orang dan jemaah berumur antara 60 sampai 100 tahun berjumlah 344 orang.

“Jemaah termuda atas nama Icha Dilla Pratiwi umur 19 tahun, ini pendaftarannya melalui porsi pelimpahan dari orang tuanya, dan jemaah tertua atas nama Satuwi umur 98 tahun,” imbuhnya.

Sementara itu, Cak Thoriq (sapaan akrab Bupati Lumajang) mengaku sangat bersyukur pelepas jemaah haji asal Lumajang tahun ini bisa diikuti dengan kuota maksimal setelah dua tahun kemarin saat pandemi Covid sangat sedikit.

BACA JUGA:   Aturan Kemenag Soal Penggunaan Speaker Saat Ramadhan, Begini Tanggapan Gus Nauval

“Sekarang dari Lumajang hampir 800, kita sangat bersyukur, jemaah dari Lumajang bisa maksimal dan memenuhi kuota, semoga semuanya diberi kesehatan kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji,” pungkas Cak Thoriq dilanjut memimpin Talbiyah para jemaah sebagai tanda pelepasan.