Wujudkan Generasi Sehat, LP Ma’arif NU dan Danone Indonesia Galakkan Program Gesid

oleh -dibaca 1067 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Bantu pemerintah mewujudkan generasi bebas stunting di lingkungan Madrasah, Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama bersama Danone Indonesia galakkan program Generasi Sehat Indonesia (GESID) pada ratusan guru di lingkungan Ma’arif PCNU Lumajang, Kamis (07/09/2023).

Dalam gerakan ini, sejumlah ahli Gizi dan Akademisi pada bidang kesehatan dilibatkan secara langsung untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat di lingkungan Madrasah, salah satunya ahli Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Dr. Ir. Sri Anna Marliyati dan Ketua Lembaga Kesehatan PCNU Lumajang, dr. Imannurdin Abdillah.

“Kami bersama PBNU (LP Ma’arif) melakukan kolaborasi dalam meningkatkan literasi tentang kesehatan mas, karena hasil survei SSGI tahun 2022 angka stunting di Indonesia cukup tinggi yakni sekitar 21%,” ungkap Health & Nutrition Community Engagement Manager at Danone Indonesia, Lucy Nawaningtyas saat dikonfirmasi nu-lumajang.or.id.

BACA JUGA:   Targetkan Juara Umum, 17 Kontingen Ma’arif PCNU Lumajang Ikuti Olimpiade Ma’arif Jatim

Literasi tentang kesehatan dinilai penting di lingkungan Pendidikan Ma’arif NU, karena untuk memastikan generasi bangsa bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal dibutuhkan kondisi kesehatan tubuh anak yang baik.

“Ikhtiar kami (Ma’arif NU) dalam mewujudkan generasi yang cerdas dan beradab, kesehatan menjadi salah satu prasyarat penting agar siswa-siswi kami bisa belajar dengan maksimal di semua jenjang pendidikan, khususnya di LP Ma’arif NU mas,” terang Pengurus LP Ma’arif PBNU, Dr. Yanto Bashri, MA.

Senada dengan Yanto Bashri, Ketua PCNU Lumajang Dr. KH. Muhammad Darwis, M.Pd.I juga menyampaikan pentingnya kesehatan bagi Jama’ah NU. Untuk itu, pihaknya memastikan kesehatan akan menjadi fokus kerja PCNU Lumajang.

BACA JUGA:   Ajak Tingkatkan Pendidikan, Sako Ma'arif NU Lumajang Gelar Karang Pamitran

“Alhamdulillah, Danone Indonesia bersama LP Ma’arif PBNU berkenan hadir ke Lumajang dalam acara yang sebenarnya berjalan seiring dengan program super prioritas kami yakni kesehatan dan pendidikan, oleh karenanya ke depan kami akan terus bersinergi untuk menjalankan program-program ini,” sambung Gus Darwis, sapaan akrab Ketua PCNU Lumajang.

Selain di Kabupaten Lumajang, LP Ma’arif PBNU bersama Danone Indonesia juga menggelar acara serupa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.