Terisolir, Warga Dusun Kebondeli Selatan Akhirnya Diungsikan

oleh -dibaca 937 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Hujan yang mengguyur Kabupaten Lumajang belakangan ini mengakibatkan luapan banjir di beberapa daerah, salah satunya luapan banjir meterial Semeru mengakibatkan warga di sekitar aliran lahar terisolir dan harus mengungsi.

Hal itu disampaikan, Ali Su’ud Ketua LPBI NU Kabupaten Lumajang, pihaknya bersama relawan kebencanaan telah berhasil mengevakuasi warga untuk diungsikan.

Warga tersebut merupakan warga Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, mereka terisolir lantaran jembatan penghubung dusun tersebut rusak diterjang banjir.

“Ada sekitar 15 rumah dalam satu RT yang berhasil kami evakuasi,” terangnya, saat dihubungi tim redaksi nu-lumajang.or.id.

Dia menjelaskan, saat ini warga yang diungsikan tersebut menyebar di beberapa desa sekitar, mereka diungsikan ke rumah saudara yang dirasa aman dari terjangan banjir lahar Semeru.

BACA JUGA:   Pasca Gempa, LPBI NU Lumajang Sudah Membangun 16 Unit Huntara Bagi Warga Terdampak

“Ada yang di rumah saudaranya di Kaliputih, ada yang di Sumberejo, kami arahkan untuk mengungsi di daerah aman,” tuturnya.

Sampai saat ini belum ada logistik untuk kebutuhan pengungsi, namun pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada Lazisnu untuk sesegera mungkin mendistribusikan kebutuhan pengungsi.

“Sementara masih belum ada logistik, tapi sudah dilaporkan untuk kebutuhan makanan siap saji, selimut dan obat obatan,” tutupnya.