Siap Buka Kelas Tahfidz, SMAN 01 Lumajang Jalin Kerjasama dengan PC JQHNU

oleh -528 views

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 01 Lumajang menjalin kerjasama dengan Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Lumajang, Rabu (25/01/2023). Hal itu dilakukan untuk mengembangkan kelas tahfidz yang bakal dibuka di SMAN 01 Lumajang.

Wakil Kepala Sekolah (Waka) Kurikulum SMAN 01 Lumajang, Deasy Ariyanti mengatakan, banyaknya murid baru yang masuk dari jalur prestasi tahfidz di sekolahnya perlu penanganan khusus agar bakat dan minat yang dimiliki terus bisa dikembangkan di sekolah dengan managemen yang lebih tertata.

“Sementara biasanya beberapa guru agama menyempatkan nyimak hafalan anak-anak di jam pelajaran. Maka perlu kita menggandeng Jamqur (sebutan JQHNU) Lumajang untuk mengembangkan kelas tahfidz khusus nantinya,” ungkapnya kepada pengurus JQHNU yang hadir di ruang Kepala Sekolah SMAN 01 Lumajang.

BACA JUGA:   Bersama LPTQ, JQHNU Lumajang Gelar Pameran Kaligrafi di Lokasi Lumajang Mbiyen 2022

Selain itu, dirinya mengungkapkan, pertimbangan lainnya menggandeng JQHNU lainnya karena JQHNU dinilai organisasi yang sangat berkompeten dan diakui bahkan secara nasional.

“Yang nanti sertifikat dari kelas tahfidz ini tentu berguna bagi para siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi,” imbuhnya.

Siap Buka Kelas Tahfidz, SMAN 01 Lumajang Jalin Kerjasama dengan PC JQHNU
Ketua PC JQHNU Lumajang saat bersama guru SMAN 01 Lumajang membahas bakal dibukanya kelas tahfidz

Sementara itu, Ketua PC JQHNU, Gus Muhamad Ilyas menyampaikan, kiprah JQHNU sudah tidak diragukan lagi bahkan hingga level nasional. Organisasi ini bahkan selain tahfidz, juga sebagai wadah bagi Qori’ Qori’ah, seniman kaligrafi dan para Ahlul Qur’an lainnya yang siap mengabdi di masyarakat untuk menularkan keahliannya.

“Insyaallah kita siap, bahkan monggo kalau di SMA sini mau diberi pelatihan metode baca Al Qur’an, tilawah, atau kaligrafi Insyaallah kami siap membantu. Nanti kita atur bersama jadwal dan teknisnya, dan kita siapkan guru-gurunya,” tandasnya.