Realisasi Program GSM, 3 Lembaga Sekolah Ikuti Munaqasyah

oleh -dibaca 1217 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Tiga Lembaga Sekolah di Lumajang mengikuti Munaqasyah secara serentak di SMPN 1 Pasirian pada Jum’at (17/11/2023).

Munaqasyah yang digelar oleh Lembaga Pengembangan, Pendidikan, Pembinaan dan Pembelajaran al Qur’an (LP4Q) Tartila Jamiyyatul Qurra’ wal Huffadh (JQH) Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Lumajang ini merupakan langkah untuk merealisasikan program Gerakan Sekolah Mengaji (GSM).

Tiga lembaga yang melaksanakan Munaqasyah Al-Qur’an diantaranya SMPN 1 Pasirian, SDN Bence 2 dan SDN Jatisari 1.

Menurut Munaqisy LP4Q Tartila JQH PCNU Lumajang Abdul Karim, Munaqasyah adalah ujian Al-Qur’an bagi siswa-siswi yang sudah mencapai target selama 3 bulan dalam mengikuti pembelajaran Tartila.

“Ada 867 siswa siswi yang mengikuti Munaqasyah meliputi siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX, dan ada 5 Munaqisy dari LP4Q Tartila JQH PCNU Lumajang untuk menguji para siswa-siswi satu persatu,” ungkap Makmuroh yang aktif sebagai guru al Qur’an SMPN 1 Pasirian.

BACA JUGA:   JQHNU Serahkan Donasi untuk Palestina ke LAZISNU

Shofiatur Rohmah sebagai guru al Qur’an SDN Bence 2 mengatakan setiap siswa diuji oleh 4 penguji dari LP4Q Tartila JQH PCNU Lumajang dan kegiatan ini merupakan salah satu evaluasi untuk mengukur kemampuan anak didik dalam membaca, menulis dan menghafal al Qur’an.

“Semoga dengan adanya Munaqasyah menambah semangat siswa untuk belajar al Qur’an dan menjadikan anak yang sholih sholihah,” ujar Prisdiyanto sebagai guru al Qur’an di SDN Jatisari 1.

 

Penulis: Muhammad Syaiful Kirom