Pipa Sepanjang 2 Kilometer Terpasang untuk Warga Pronojiwo Terdampak Lahar Dingin Semeru

oleh -dibaca 527 orang
Pemasangan pipa untuk saluran air di Pronojiwo pada Ahad (16/07/2023) (Foto: Salam)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Pronojiwo. Warga Dusun Besok Cukit Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo kini bisa bernafas lega karena pipa penyalur air bersih sepanjang 2,5 km terpasang dari pusat sumber air, Ahad (16/07/2023).

Sebanyak 600 pipa penyalur air bantuam relawan tersebut dipasang oleh warga yang dibantu NU Peduli Lumajang bersama relawan lainnya setelah pipa sebelumnya hanyut dan rusak diterjang banjir pada Jum’at (07/07/2023) lalu.

“Ini untuk kebutuhan 500 KK lebih, yang hancur diterjang lahar dingin Semeru, semoga setelah ini warga bisa menikmati kembali air bersih,” pungkas Salam salam satu Relawan dari NU Peduli Lumajang.

Seperti yang diketahui, banjar lahar dingin Semeru merusak sejumlah fasilitas seperti jembatan dan meluap ke rumah-rumah warga yang ada di sejumlah wilayah di Lumajang, sehingga ribuan warga harus mengungsi ke lokasi pengungsian yang tersebar di 12 titik.

BACA JUGA:   Fatayat NU Lumajang Berikan Trauma Healing untuk Anak-anak Korban Erupsi Semeru

Upaya-upaya penanganan telah dilakukan oleh pemerintah yang dibantu para relawan dari NU Peduli seperti pendistribusian bantuan logistik, bersih-bersih fasilitas umum dan rumah ibadah serta bantuan lainnya.