Jelang Kepulangan ke Indonesia, Petugas Haji Lumajang Lakukan Pengecekan Kesehatan Jemaah

oleh -dibaca 387 orang
Jelang Kepulangan ke Indonesia, Petugas Haji Lumajang Lakukan Pengecekan Kesehatan Jemaah
(Sumber foto: Muslim for nu-lumajang.or.id) Petugas haji Lumajang saat melakukan cek kesehatan jemaah

NU-LUMAJANG.OR.ID, Makkah. Satu bulan menjalani ibadah haji, ratusan jemaah haji asal Lumajang siap dipulangkan pekan depan dan akan dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala oleh petugas haji.

Petugas Pendamping Haji Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim mengatakan, berbagai persiapan terus dilakukan oleh petugas pendamping haji, salah satunya pengecekan kesehatan jemaah yang masih berusia produktif dan lanjut usia (lansia). Bahkan, pihaknya menyiapkan strategi sendiri dengan melakukan visitasi ke kamar-kamar jemaah.

“Seluruh jemaah haji kloter 48-49 akan kembali pada 22-23 juli mendatang ke tanah air, kami tidak justru menunggu jemaah ada keluhan sakit, namun kita lakukan pemantauan berkala setiap hari khususnya para jemaah Lansia,” ungkap pria yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang kepada kepada nu-lumajang.or.id melalui panggilan telfon, Senin (17/07/2023).

BACA JUGA:   Presentasi Final Nominator NU Award Jatim 2022 Mulai Digelar

Sementara itu, Abdul Rofik Koordinator Kloter 48 menerangkan, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan vitamin tambahan, kondisi jemaah tetap sehat saat tiba di Indonesia.

“Kita cek setiap hari mas, sembari memberikan himbauan agar jemaah tidak melanggar ketentuan misalnya soal air zam-zam, semua jamaah dilarang membawa sendiri karena akan diberikan oleh petugas di Surabaya,” tandasnya

Dari 796 jemaah haji, 793 diantaranya dipastikan akan terbang pada sabtu (22/07/2023) mendatang dan diperkirakan sampai dirumah masing-masing pada sehari setelahnya, yakni pada minggu (23/07/2023), dengan transit terlebih dulu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.