Lahirkan Santri Falakiyah, LF PCNU Lumajang Gelar Diklat Hisab Roshdul Kiblat

oleh -dibaca 527 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Sumbersuko. Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Hisab Roshdul Kiblat atau penentuan arah kiblat di Auditorium Pondok Pesantren (PP) Darun Najah, Petahunan Sumbersuko Lumajang, Jumat (02/02/2024).

Dalam pelatihan yang bertujuan mencetak santri falakiyah handal ini, panitia menggunakan metode semi digital yakni Kalkulator Scientific Casio dalam melatih 30 santri Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang.

“Metode semi digital ini merupakan bagian dalam modul yang kami (LF PCNU Lumajang) susun,” ungkap Ketua LF PCNU Lumajang, Abdul Wahid saat dikonfirmasi¬†nu-lumajang.or.id.

Wahid, sapaan akrab ketua LF PCNU Lumajang juga meminta para santri untuk serius mengikuti materi maupun praktek yang diberikan narasumber agar dapat memahami ilmu falak.

BACA JUGA:   Songsong Satu Abad NU, LFNU Lumajang Bekali Ratusan Santri Ilmu Falak Dasar

“Ilmu falak ini bukan ilmu yang rumit dan menakutkan, namun ilmu yang sebenarnya sangat penting terutama untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kita dalam menjalankan ibadah karena tahu persis waktunya,” tambahnya.

Selain Diklat Hisab Roshdul Kiblat, LF PCNU Lumajang berencana akan melakukan pelatihan turunan ilmu falak lain secara berjenjang seperti Diklat Auqotus Sholat, Diklat Hisab Gerhana Bulan dan Matahari, serta Diklat Hisab Awal Bulan.

“Peserta antusias dan insyaallah akan ada lanjutan kegiatan dilain kesempatan sebagai bagian dari program LF PCNU Lumajang,” pungkasnya.

Diklat ini sekaligus, sebagai bentuk upaya memeriahkan Peringatan Hari Lahir (Harlah) NU yang ke-101 tahun dan Harlah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama.

BACA JUGA:   LF PCNU Lumajang Pantau Langsung Proses Gerhana Matahari dari Alun-alun

 

 

Penulis : Rokhmad