Hasil Pantauan LFNU Lumajang: Hilal Tidak Terlihat

oleh -dibaca 1697 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Kunir. Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LF PCNU) Lumajang gelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) awal Ramadan 1445 H di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Air War Range (AWR) Jatimulyo Lumajang pada Ahad (10/03/2024).

Dari hasil pantauan yang dilakukan, tim LFNU Lumajang tidak berhasil melihat hilal karena sejak awal memang tidak memenuhi kriteria imkanur rukyat (kemungkinan hilal bisa dilihat).

Ketua LF PCNU Lumajang Abdul Wahid mengatakan proses pemantauan hilal ini berjalan dengan lancar seperti pemantauan hilal sebelumnya dan tempat serta kondisi alam dapat mempengaruhi proses terlihatnya hilal.

“Kami memutuskan menggelar rukyatulhilal di Pangkalan TNI ini karena sebelumnya pernah berhasil di Bulan Rajab dan tempatnya lebih pas, tinggal kondisi alam yang juga menentukan faktor terlihatnya hilal,” paparnya.

BACA JUGA:   Meski Lebaran Berpotensi Digelar Serentak, LFNU Lumajang Tetap Adakan Rukyatul Hilal

Lebih lanjut Wahid menyebutkan bahwa pantauan hilal saat ini juga bekerjasama dengan Komunitas Astronomi Aryawiraraja Lumajang, dengan setidaknya menggunakan 2 teleskop serta 1 binokuler sebagai alat utama pemantauan hilal.

“Dari pantauan tim LFNU hingga pukul 17.50 wib tercatat tinggi hilal pada saat matahari terbenam berada dibawah 1° atau lebih tepatnya 00°58’23” dengan sudut elongasi antara 02°24’ 08,” pungkasnya.

Hasil ini oleh LF PCNU Lumajang selanjutnya akan dilaporkan ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang kemudian dilaporkan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk dibawa di sidang itsbat.