LFNU Lumajang: Hilal Tidak Terlihat, Tetapi Masuk Kriteria Imkanur Rukyah

oleh -dibaca 827 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Tempeh. Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LF PCNU) Lumajang gelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) awal Ramadan 1445 H di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Air War Range (AWR) Jatimulyo Lumajang pada Selasa (09/04/2024).

Dari hasil pantauan yang dilakukan, tim LFNU Lumajang tidak berhasil melihat hilal karena sejak awal cuaca tidak mendukung, tetapi sudah masuk kriteria Imkanur Rukyah (kemungkinan hilal terlihat)

Ketua LF PCNU Lumajang Abdul Wahid mengatakan proses pemantauan hilal ini berjalan dengan lancar meskipun cuaca yang kurang mendukung.

“Alhamdulillah, rukyah pada hari ini berjalan dengan lancar, bahkan banyak pihak rukyah yang ikut terlibat, seperti BHR Kemenag Lumajang, LDII, dan Arya Wiraraja Astronomi, tetapi kondisi cuaca kurang mendukung yang menjadu faktor tidak terlihatnya hilal,” paparnya.

BACA JUGA:   Lembaga Falakiyah PCNU Lumajang Putuskan Hilal Tidak Terlihat di Pantai Selatan Wotgalih

“Dari pantauan tim LFNU hingga pukul 17.24 wib tercatat tinggi hilal pada saat matahari terbenam berada di atas 3° dan sudah masuk kriteria imkanur rukyah,” pungkasnya.

Hasil ini oleh LF PCNU Lumajang selanjutnya akan dilaporkan ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang kemudian dilaporkan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk dibawa di sidang isbat.