Kiai Qusyairi Jelaskan Pentingnya Memilih Lembaga Pendidikan dengan Sanad yang Jelas

oleh -dibaca 487 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang, KH Ahmad Qusyairi menjelaskan pentingnya memilih lembaga pendidikan dalam mencari ilmu dengan sanad keilmuan yang jelas.

Hal itu disampaikan Kiai Ahmad Qusyairi saat Ngaji Selosoan di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Senin (4/12/2023).

Dalam acara yang bertajuk ‘Kiat-kiat Memilih Lembaga Pendidikan Islami’ itu dirinya menyampaikan, bahwa ketika seseorang mau memilih lembaga pendidikan, maka hendaknya mencari tahu sanad gurunya terlebih dahulu.

“Kita juga berikhtiar untuk bagaimana kalau kita mencari lembaga pendidikan itu kita tau siapa gurunya,” ungkap Kiai Qusairi.

Kiai Qusyairi menerangkan, untuk memilih suatu pendidikan jangan sampai tergiur oleh nama dari suatu lembaga pendidikan tersebut yang sanadnya tidak jelas.

BACA JUGA:   Aksi Solidaritas, MAN Lumajang Gelar Shalat Gaib dan Doa Bersama untuk Palestina

“Karna sekarang banyak muncul nama lembaga-lembaga pendidikan yang katanya boarding school atau apalah yang sanadnya tidak jelas gurunya dari siapa maka ini sangat membahayakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, cara untuk mengetahui sanad dari seorang guru harus bertanya kepada masyarakat sekitarnya.

“Lalau sekiranya lembaga pendidikan itu tertutup, lembaga itu tidak berkolaborasi dengan lingkungan kita harus menghawatirkan,” imbuhnya.