Kepala SMKN Klakah: Inilah Ciri-Ciri Kesuksesan Seorang Anak

oleh -dibaca 207 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Klakah, Suyono, S.Pd., M.Kom. mengatakan bahwa ciri kesuksesan seorang anak ialah selamat di dunia dan akhirat, dunia ibaratnya sebuah jembatan untuk meraih kesuksesan di akhirat.

Hal itu ia jelaskan saat ‘Ngaji Selosoan’ di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Senin (05/02/2024).

“Hal yang penting untuk dilakukan di dunia adalah melakukan suatu hal yang kelihatannya bernilai dunia namun bernilai akhirat, jangan sampai melakukan hal yang kelihatannya bernilai akhirat namun hanya bernilai dunia,” ucapnya.

Dalam acara yang bertajuk ‘Dibalik Anak Sukses Terdapat Orang Tua Ahli Tirakat’ ini, dirinya mengutip dari hadits Nabi SAW, ketika meninggal dunia semuanya terputus kecuali 3 (tiga) hal yaitu amal jariyah, ilmu yang dapat bermanfaat bagi orang lain, dan anak saleh yang mendoakan orang tuanya.

BACA JUGA:   KH Satuyar Mufid: Al-Qur'an adalah Panduan Hidup Bagi Manusia

“Hal-hal tersebut merupakan kunci untuk dilakukan di dunia agar mendapatkan pahala secara terus-menerus walaupun telah meninggal dunia,” imbuhnya.

Setelah itu ia menjelaskan, kategori tirakat lebih mengarah kepada menahan diri dari hawa nafsu agar mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat.

“Seperti yang Allah firmankan: barangsiapa yang mengenal dirinya, sungguh ia telah mengenal Tuhannya, dari firman Allah itu dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah untuk menuju keselamatan, kesuksesan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT harus digali dari diri kita masing-masing,” pungkasnya.