Didorong Ribuan Kader NU Maju Pilkada Serentak 2024, Cak Thoriq Nyatakan Siap

oleh -dibaca 347 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Sebagai salah kader Jamiyah Nahdlatul Ulama, Kehadiran Dr H Thoriqul Haq, M.ML di acara Temu Kader NU di Gedung Olah Raga (GOR) Wirabhakti Lumajang mendapat dorongan kembali memimpin Lumajang untuk 5 tahun mendatang, Jumat (05/04/2024).

Hal tersebut, dilontarkan kader NU saat Ketua PCNU Lumajang, Dr KH Muhammad Darwis memberikan sambutan buka bersama NU.

“Lanjutkan Cak Thoriq,” terang salah satu kader NU yang duduk ditengah acara.

Teriakan itu kemudian ditanggapi Ketua PCNU Lumajang, Dr KH Muhammad Darwis sembari memberikan sepenuhnya pilihan kepada Nahdliyyin dan Nahdliyyat se-Kabupaten Lumajang.

“Masalah siapa yang harus memimpin Lumajang ke depan, itu semua urusan panjenengan semua, PCNU Lumajang tidak dalam rangka dorong mendorong,” jawab Gus Darwis sapaan akrab Ketua PCNU Lumajang.

BACA JUGA:   Harapan Cak Thoriq untuk Kampus II UIN KHAS di Senduro

Meski begitu, Gus Darwis mengingatkan jika kader NU yang berniat maju dalam Pilkada Serentak 2024 harus memenuhi beberapa syarat sebagaimana diisyaratkan dalam Islam, diantaranya memiliki pengetahuan dan wawasan luas, bertanggung jawab dan memiliki pengalaman kepemimpinan.

“Kriteria pemimpin dalam Al-Qur’an sudah ada, diantaranya menjaga amanah, berpengalaman dan berpengetahuan atau memiliki wawasan luas,” tegas Gus Darwis.

Pihaknya kemudian meminta agar kader NU siap melakukan peran di semua lini kehidupan masyarakat, sebagai bentuk pelaksanaan amanah organisasi dalam bidang ijtima’iyyah (sosial).

“Karena salah satu tugas kita dalam bidang sosial, tentu jika diminta dan diharapkan melaksanakan kepemimpinan maka pantang ditolak oleh Kader NU,” tegasnya.

Komitmen kader NU dalam memegang tegus prinsip pelaksanaan amanah organisasi selalu ditanamkan oleh PCNU Lumajang kepada seluruh pengurus NU, termasuk diantaranya pengurus lembaga maupun Banom NU.