Jelang Wisuda Akbar, JQHNU Gelar Munaqasyah

oleh -dibaca 797 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Ratusan santri mengikuti Munaqasyah Akbar yang diadakan Lembaga Pengembangan, Pembinaan, Pendidikan dan Pembelajaran Al Quran (LP4Q) Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Lumajang, Ahad (15/09/2024).

Acara tersebut merupakan agenda tahunan JQHNU divisi Tartila yang menjadi salah satu persyaratan wajib mengikuti Wisuda Akbar dan dilaksanakan di TPQ Al-Muhajirin Sukodono.

Widi Susanto, Ketua LP4Q Tartila menyampaikan bahwa, acara munaqosyah sebuah ajang uji kompetensi yang diikuti oleh 187 santri dari lembaga TPQ atau Madin di Kabupaten Lumajang.

“Alhamdulillah, pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun kemarin, karena pada tahun ini ada dua pilihan yang harus dipilih oleh santri yaitu Munaqasyah Tartil dan Tahfdih,” ujarnya.

BACA JUGA:   Gandeng JQHNU, Pemkab Lumajang Sosialisasikan MTQ Tingkat Kabupaten 2022

Lanjutnya, banyak sekali santri yang ingin mengikuti Munaqasyah, akan tetapi para pengasuh dan pembina menyeleksi santri – santrinya yang layak mengikuti Munaqasyah Akbar.

Pengasuh TPQ Al-Muhajirin, Mutrofin menyampaikan bahwa ucapan ribuan terima kasih kepada JQHNU yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadikan tempat ini sebagai tuan rumah acara Munaqasyah Akbar.

“Semoga dengan adanya acara Munaqasyah Akbar ini menjadi semangat belajar kepada seluruh santri untuk terus belajar Al-Qur’an dan menjadi generasi – generasi sholih sholihah yang meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.