Wapres Sebut Penanganan Bencana Erupsi Lumajang sebagai Percontohan

oleh -29 views

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin sebut penanganan bencana erupsi Gunung Semeru Lumajang sebagai percontohan karena prosesnya cepat dan konsep hunian sementara (Huntara) yang sudah baik, saat mengunjungi lokasi di Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro pada Jum’at (14-01-2022).

Dalam kunjungannya, Ma’ruf Amin didampingi Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Menteri Lingkungan Hidup Kalur Dohong, Wakil Menteri PUPR Mohammad Zainal Fatah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dam Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

“Relokasi penanganan bencana di Lumajang sebagai percontohan karema konsep dan pembangunan huniannya sudah memenuhi standar perumahan pada umumnya”, sebutnya.

Dalam kunjungan Wakil Presiden melihat desain bangunan percontohan Huntara telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang yang saat ini dalam tahap pengerjaan.

BACA JUGA:   Sempat Tertunda, Akhirnya PCNU Lumajang Lantik Pengurus MWCNU Randuagung

“Pemerintah juga akan menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti seperti pasar, sanitasi air bersih, lapangan olah raga, kandang ternak terpadu dan sarana ibadah”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Wapres juga berkesempatam berdialog dengan para penyintas yang kini masih tinggal di Posko pengungsian terpusat sembari menunggu huntara selesai dilakukan.

“Kita menargetkan Fasum dan Fasos Huntara dapat selesai dalam kurun waktu satu setengah bulan kedepan agar masyarakat bisa segera menjalani kehidupan seperti sediakala”, pungkasnya

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama seluruh pihak yamg terlibat dalam penangan bencana yang bergerak cepat dan dapat dijadikan roll model penanganan bencana di berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:   PCNU Lumajang: Ranting Harus Bangun Desa Berbasis Keeunggulan Lokal

Pewarta : Rohmat

Editor : Redaksi

No More Posts Available.

No more pages to load.