Pertunjukan Tari Topeng Kaliwungu Meriahkan Pelantikan PMII Lumajang

oleh -dibaca 1347 orang
Pertunjukan Tari Topeng Kaliwungu Meriahkan Pelantikan PMII Lumajang
(sumber foto: nu-lumajang.or.id) Kader PMII saat menampilkan tari topeng kaliwungu di acara pelantikan PC PMII Lumajang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pertunjukan kesenian Tari Topeng Kaliwungu pukau ratusan mahasiswa yang datang dalam acara pelantikan Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lumajang masa Khidmat 2023-2024 yang digelar di Aula Balai Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Jumat (09/06/2023).

Tari topeng asli Lumajang tersebut dibawakan langsung empat kader PMII dari kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Widyagama Lumajang dengan iringan musik tradisional, seperti gamelan dan terompet.

Tak ayal, ratusan mahasiswa dan tamu undangan dari berbagai kota di Jawa Timur tak henti-henti memberikan tepuk tangan berkat penampilan memukau para kader PMII tersebut.

“Keren,” teriak salah satu tamu sambil diikuti suara tepuk tangan undangan lainnya.

BACA JUGA:   Gandeng Polres, PC PMII Lumajang Gelar Vaksinasi Massal

Penampilan kesenian khas Lumajang ini sengaja dipilih untuk mengisi salah satu rangkaian acara pelantikan, karena memiliki nilai historis bagi masyarakat di kaki Gunung Semeru.

Diketahui, pada tahun 2021 lalu, kesenian ini ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak benda Lumajang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

“Ini kan kesenian khas Lumajang mas, bagi kami kader PMII yang memiliki style di kesenian harus ikut melestarikannya,” ungkap Sholeh Sundapa, salah satu pegiat seni.

Bahkan, Sundapa bersama pengurus PMII ditingkat kampus telah membuat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) khusus kesenian, yang diberi nama Teratai Madca.

“Kalau di kampus kita (ITB Widya Gama), pengurus membuatkan UKM Ekstra seni yang diberi nama Teratai Madca”, pungkas pria ini.