LPBI PCNU Lumajang Latih Kader NU Siap Hadapi Bencana

oleh -dibaca 307 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lumajang (LPBI PCNU Lumajang) latih belasan kader NU tangguh dalam kesiapsiagaan bencana.

Pelatihan kedaruratan ini sengaja dilakukan, untuk melatih Kader NU dalam berbagai kegiatan kemanusiaan akibat bencana alam.

“Ini bagian dari upaya kami (LPBI) dalam menyiapkan sumber daya yang tangguh dan amanah dalam membantu penanggulangan bencana alam,” ungkap Sekretaris LPBI PCNU Lumajang, Kustari saat dikonfirmasi Tim Redaksi NU-Lumajang.or.id pada Sabtu (06/01/2024).

Lebih dari 16 perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) di Kabupaten Lumajang dilibatkan dalam Diklat kebencanaan ini, dengan memberikan materi kedisiplinan dan skil penanggulangan bencana hingga melakukan berberapa simulasi penanganan bencana.

BACA JUGA:   LPBINU Lumajang Salurkan Bantuan ke Korban Banjir di Batu Malang

Selain menanganan kedaruratan, LPBI PCNU Lumajang juga menyiapkan tim asesment mitigasi untuk membantu meminimalisir korban atau kerugian saat terjadi Bencana Alam.

“Selain penanganan kedaruratan, kita juga akan siapkan tim mitigasinya mas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Lumajang, KH Dr. Muhammad Darwis mengapresiasi kegiatan pelatihan kesiapsiagaan kebencanaan ini.

Menurutnya, sudah sewajarkan NU menyiapkan diri menjadi bagian dalam kegiatan kemanusiaan dengan prinsip tolong menolong.

Diklat Kesiapsiagaan Kebencanaan ini dilakukan selama 3 hari berturut turut di 4 titik, yang diawali di Kantor PCNU Lumajang kemudian berakhir di Pesisir Pantai Selatan Lumajang.