Gunung Semeru Erupsi, LPBI NU Pastikan Timnya Siap

oleh -dibaca 117 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Gunung Semeru kembali mengalami erupsi berupa letusan dan Awan Panas Guguran (APG) sebagaimana laporan tertulis Pengamat Gunung Api Semeru di Magma Indonesia pada Rabu (08/11/2023).

Dalam laporan tertulis hasil pengamatan periode Rabu 08 November 2023 Pukul 06.00 – 12.00 WIB, Gunung Semeru dilaporkan mengalami letusan yang mengakibatkan kolom abu setinggi 700 meter dan luncuran APG sejauh 1000 meter.

“Telah terjadi aktivitas vulkanik berupa erupsi yang disertai APG,” ungkap Kalaksa BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi.

Untuk membantu penanganan kedaruratan, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Lumajang memastikan timnya akan selalu siap dalam kondisi kedaruratan.

“Kami di LPBI melalui NU Peduli selalu siap, jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam kondisi kedaruratan,” ujar Sekretaris LPBI PCNU Lumajang, Kustari.

BACA JUGA:   DEMA IAI Syarifuddin Salurkan Hasil Galang Dana ke PC LPBI NU Lumajang

Bahkan, pihaknya juga telah membantu meneruskan pesan sebagai upaya peringatan dini ke masyarakat ditingkat bawah.

“Informasi erupsi ini juga langsung kita sampaikan ke tim kita, dan unsur-unsur NU untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat ditingkat bawah,” pungkasnya.

Meski tidak sampai mengakibatkan kerusakan, namun warga diminta untuk tetap waspada, karena status Gunung Semeru masih Siaga (Level III).