LP Ma’arif NU Lumajang Siap Cetak Madrasah Unggul di Setiap Kecamatan

oleh -dibaca 4847 orang
LP Ma'arif NU Lumajang Siap Cetak Madrasah Unggul di Setiap Kecamatan
Sejumlah pengurus LP Ma'arif PCNU Lumajang saat di kantor (Sumber foto: LP Ma'arif PCNU Lumajang)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Lembaga Pendidikan(LP) Ma’arif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama NU (PCNU) Kabupaten Lumajang terpacu menciptakan program khusus, salah satunya mencetak madrasah unggul berbasis organisasi yang akan dikelola di masing-masing kecamatan.

H Hasanuddin, Ketua LP Ma’arif PCNU Lumajang menuturkan, keberadaan madrasah unggulan merupakan salah satu program yang akan segera digalakan, mengingat madrasah merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting.

Dia menjelaskan, madrasah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif PCNU ini nantinya mampu bersanding dan berduduk saing dengan lembaga lainnya, baik itu dilingkungan Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama (Kemenag).

“Sehingga madrasah unggul ini memiliki daya saing yang tidak kalah dengan lembaga pendidikan lain,” katanya saat dikonfirmasi nu-lumajang.or.id, Rabu (14/06/2023).

BACA JUGA:   Pengurus Sako Pramuka Ma'arif NU Lumajang Dilantik, Ini Susunannya

Dalam penerapannya, Hasanuddin menerangkan program madrasah unggul ini memiliki basis struktur organisasi dengan memaksimalkan empat ketua bidang dalam lingkungan LP Ma’arif PCNU yang terus bersanding dan saling berkaitan.

“Jadi 4 bidang ini sudah seluruh aspek pendidikan terfasilitasi dan terayomi,” tambahnya.

Jelas, madrasah unggul ini bukan merupakan pekerjaan mudah, ada banyak tahapan yang harus dilalui lembaga pendidikan untuk dinobatkan menjadi madrasah unggul, mulai dari kegiatan intra maupun ekstra, sampai perilaku pengajar dan anak didik.

“Artinya kami memberikan peluang kepada seluruh lembaga pendidikan yang berada di naungan Ma’arif Lumajang untuk menjadi madrasah unggul dengan mengacu pada instrumen yang sudah kami tetapkan. Ini butuh waktu, sehingga di masing-masing kecamatan bisa kami tetapkan sebagai madrasah unggul,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Perwakilan LP Ma'arif PCNU Lumajang Sabet Juara 3 dalam Ajang Festival Ekologi Spiritual

Sebagaimana diketahui, saat ini lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Maarif NU Lumajang sebanyak 182 lembara, baik Paud, TK, MI, MTs, SMP, MA dan SMA.