Libur Akhirussanah, Santri An Nur El Aly Tempeh Dilatih Entrepreneur dengan Bazar Santri

oleh -dibaca 1897 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Tempeh. Momen libur Akhirussanah atau akhir tahun di berbagai pondok pesantren (Ponpes) mulia dirasakan, tak terkecuali Ponpes An Nur El Aly Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh Lumajang.

Yang menarik, Ponpes ini membekali santri-santrinya dengan dilatih  entrepreneur  atau bisnis di Bazar santri yang dibuka beberapa sejak kemarin hingga hari ini, Selasa (14/03/2023).

M Imron Hamzah, salah satu pengurus Ponpes An Nur El Aly mengatakan, momen perayaan akhirussanah dengan berbagai macam kegiatan, seperti wisuda dan seminar, dimanfaatkan betul pihaknya dengan membuka bazar yang diisi produk buatan santri.

Libur Akhirussanah, Santri An Nur El Aly Tempeh Dilatih Enterpreneur dengan Bazar Santri
Bazar santri An Nur El Aly yang berisi berbagai macam produk milik santri

“Banyak produk yang dibuat santri, seperti Yogurt, cilok, aneka lauk pauk, kue, makanan ringan dan lainnya,” ungkap Imron.

BACA JUGA:   Sako Pramuka LP Ma'arif NU Lumajang Raih 4 Piala di Jelajah Santri Jatim 2022

Para santri yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA An-Nur ini, jelas Imron, membuat sendiri produk-produk tadi dengan modal sendiri hasil dari iuran kelasnya. Sehingga para santri betul-betul dilatih bagaimana memproduksi, memasarkan hingga mengelola keuangan hasil dagangannya.

“Modalnya dari kas kelas dan nanti labanya juga dikembalikan ke kelas. Selain kuliner ada juga baju, aksesoris muslimah, buku, dan kitab. Semoga dengan bazar ini bisa menjadi bekal santri nantinya,” pungkasnya.