Kiai Musleh Adnan Ingatkan Nahdliyin untuk Mengurus Amalnya Sendiri

oleh -dibaca 517 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Klakah. KH Musleh Adnan mengingatkan Nahdliyin agar jangan pernah memikirkan dan mengurus hidup dan amal orang lain sampai lupa terhadap amalnya sendiri, hal ini disampaikan saat Kiai Musleh memberi tausiyah pada pengajian umum di Desa Tegalciut Kecamatan Klakah, Sabtu (09/12/2023).

“Kita terkadang terlalu berfikir/ngurusi orang, orang terlalu di dikirkan sampai-sampai lupa terhadap kehidupan dirinya,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Pamekasan Madura tersebut.

Ia juga melanjutkan, seseorang jangan pernah berfikiran di puji oleh manusia, lebih baik dirinya berfikir apakah yang ia kerjakan disukai Allah SWT.

“Kita semua ini jangan pernah berfikiran manusia karena manusia itu tidak memiliki peran apa-apa kepada kita ketika kita meninggal dunia,” imbuhnya

BACA JUGA:   Keistimewaan Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab, Berikut Tata Cara Melaksanakannya

Ia juga menegaskan, mengurusi amal orang lain tidak memiliki manfaat sama sekali karna pada akhirnya dirinya sendirilah yang akan dimintai pertanggung jawabannya sendiri.

“Ketika kita ditanya malaikat Munkar dan Nakir kita tidak ditolong istri, tidak ditolong anak, tidak ditolong orang lain, tetapi kita sendiri, makanya kenapa kita harus berpikir orang lain, biarlah mereka menikmati kehidupan mereka, kita juga menikmati kehidupan kita sendiri-sendiri,” pungkasnya.