Kemarau tak Kunjung Usai, MTsN 03 Lumajang Laksanakan Shalat Istisqa’

oleh -dibaca 1657 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Tempeh. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 03 bersama Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 02 Lumajang melaksanakan shalat istisqa’ akibat musim kemarau yang tidak kunjung usai, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan yang digelar di halaman MTsN 03 ini dihadiri siswa-siswi, guru serta jajarannya yang dipimpin langsung Kepala MTsN 03, Sahnawi yang juga menjadi khotib atau petugas Khotbah.

Dalam pidatonya Sahnawi mengatakan, kegiatan ini tidak hanya untuk meminta rahmat Allah SWT, tetapi juga mengajarkan kepada para siswa bahwa disetiap situasi agar selalu mengingat Allah SWT dan senantiasa mengevaluasi diri agar bertaubat kepada Allah SWT serta senantiasa menjaga alam.

“Kita mendapat perintah sebagai khalifah di permukaan bumi ini berati kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga, merawat lingkungan kita, melindungi, serta melestarikan apa yang di anugerahkan Allah kepada kita semuanya,” tegas Sahnawi.

BACA JUGA:   SMP NU An-Naashiri Pasrujambe Gelar Vaksinasi Massal Gratis

Dirinya menuturkan, jika seseorang bisa berbuat baik pada lingkungan yang juga makhluk Allah, maka lingkungan itu memberikan dampak positif dan memberikan manfaat kepada dirinya.

“Tetapi sebaliknya jika kita semena-mena terhadap lingkungan disekitar kita, maka tunggulah saatnya lingkungan kita akan marah dan murka bagaimana sikap kita yang seharusnya terhadap makhluk Allah yang namanya lingkungan itu,” imbuhnya.

Ia mengajak kepada semuanya, untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah seraya merenung dan bertaubat atas semua dosa-dosa yang telah dilakukan.

“Khususnya sikap tidak bertanggung jawabnya kita dalam menjaga lingkungan,”pungkasnya.

 

 

Pewarta: Syahriel Andika

Editor: Sufyan