Tingkatkan Profesionalitas, NU Care LAZISNU Lumajang Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Amil Zakat

oleh -dibaca 2227 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang mengikuti pelatihan dan sertifikasi amil zakat yang diselenggarakan oleh NU Care LAZIS Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bisnis Ekonomi dan Keuangan Syariah (BEKSYA).

Hal ini dilakukan guna meningkatkan profesionalitas tata kelola dan pengelolaan dana zakat, infaq, dan shadaqah dengan ujian kompetensi bagi para amil zakat 12 LAZIS PCNU terpilih yang dilaksanakan secara online pada Kamis-Jumat (18-19/05/2023) dan asesmen offline pada Sabtu-Ahad (20-21/05/2023) di Gedung Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Jawa Timur.

Direktur eksekutif LAZIS PCNU Lumajang, Rofi’ul Ulum yang sekaligus menjadi peserta dalam acara tersebut mengatakan, adanya sertifikasi profesi amil zakat ini sebagai jaminan kualitas pengelolaan LAZISNU sebagai amil zakat serta meningkatkan kepercayaan bagi Muzakki dalam menyalurkan zakatnya.

BACA JUGA:   UPZISNU Senduro Bantu Pembangunan Musala Warga NU Kandangan
Tingkatkan Profesionalitas, NU Care LAZISNU Lumajang Ikuti Sertifikasi Amil Zakat
Para peserta saat mengikuti proses pelatihan dan sertifikasi amil zakat

“Muzakki kalangan menengah atas sudah memahami tentang pentingnya sertifikasi sebuah profesi. Jadi dengan adanya sertifikasi akan menambah kepercayaan bagi muzakki, karena dana zakat yang dikeluarkan dikelola oleh pihak yang profesional dan diakui,” tutur Rofi’ saat dikonfirmasi nu-lumajang.or.id.

Tingkatkan Profesionalitas, NU Care LAZISNU Lumajang Ikuti pelatihan dan sertifikasi Amil Zakat
Para peserta saat berfoto bersama assesor dengan membawa sertifikat kelulusan

Ia menambahkan, Sertifikasi amil zakat ini sebagai bentuk pengakuan negara atas kompetensi dan kemampuan keilmuan seorang amil zakat, yang standarnya sudah disahkan oleh pemerintah.

“Alhamdulilah perwakilan lumajang lulus tanpa pengecualian dari asessment yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2023,” pungkasnya.