Tim Kesehatan NU Peduli Sigap Tangani Korban Bencana yang Sakit

oleh -dibaca 457 orang
Penjemputan korban terdampak bencana yang akan dirujuk ke Faskes terdekat pada Ahad (16/07/2023) (Foto: LK PCNU)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Pasirian. Usai mendapat laporan adanya warga korban banjir lahar dingin Semeru mengalami sakit, tim kesehatan NU Peduli langsung menuju lokasi yang dilaporkan di Desa Nguter Kecamatan Pasirian, Ahad (16/07/2023).

Dr. Imannurdin Abdillah, Koordinator tim kesehatan NU Peduli Lumajang mengatakan, selain menganamnesis, pihaknya memeriksa tanda-tanda vital tubuh pasien seperti tekanan darah, suhu, saturasi oksigen dengan menggunakan peralatan dan obat gawat darurat serta oksigen.

“Ada dua pasein yang sakit, satunya sakit TBC paru dan satunya penyakit jantung, atas permintaan keluarga pasien kami rujuk ke Puskesmas Gesang sementara dikarenakan keluarganya disana,” ungkap pria yang juga Ketua Lembaga Kesehatan (LK) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang itu.

BACA JUGA:   RMINU Lumajang Siapkan Guru Ngaji di Lokasi Madin Terdampak Erupsi Semeru

Dirinya menjelaskan, sejak terjadi bencana beberapa hari lalu, timnya melakukan berbagai hal terkait kebutuhan-kebutuhan masalah kesehatan korban.

“Pertama kita bagikan selimut dan obat, selanjutnya pemeriksaan warga terdampak bencana, pendampingan trauma anak dan penjemputan pasien wilayah bencana,” imbuhnya.

Dirinya berharap, pelayanan kesehatan terutama untuk korban bencana ke depan bisa dimaksimalkan melalui Layanan Sistem Kesehatan Terpadu NU (Laskar NU)

“Yang nantinya bisa diakomodir di tiap-tiap MWCNU dan Pesantren yang ada di Lumajang sehingga bisa lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.