Senyum Warga Terdampak Banjir Terima Bantuan Pipa Penyalur Air Bersih

oleh -dibaca 297 orang
Warga terdampak banjir lahar semeru saat menerima bantuan pipa penyalur air bersih dari Lazisnu Jatim pada Jumat (07/07/2023) (Foto: Sufyan, nu-lumajang.or.id)

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Warga Dusun Sumberkajar Desa Jugosari Kecamatan Candipuro Lumajang akhirnya bisa tersenyum senang, pasalnya bantuan pipa dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur untuk menyalurkan air bersih diterima mereka.

Pipa-pipa yang panjangnya mencapai 200 meter lebih ini diberikan berdasarkan asessmen NU Peduli Lumajang yang dilakukan sejak terjadi banjir lahar dingin Semeru pada Jum’at, (07/07/2023) seminggu lalu.

Ali Murtopo selaku ketua RT setempat menceritakan, pasokan air bersih di dusunnya berasal dari Dusun Kebondeli yang terkena terjangan aliran lahar karena tanggul penahannya jebol.

“Saya mewakili warga sangat berterima kasih atas bantuan pipa ini dari LAZISNU Jatim, ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan warga sini,” ungkapnya dengan sumringah.

BACA JUGA:   NU Care LAZISNU Lumajang Gelar Santunan dan Buka bersama Anak Yatim

Sementara itu, Kiai Romadlon Chotib Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim yang datang bersama LAZISNU menyampaikan, bantuan mendesak seperti ini memang harus segera diselesaikan terutama di daerah-daerah terpencil seperti Dusun Sumberkajar ini.

“Semoga nanti ada bantuan lainnya, kita akan terus sharing dan berkomunikasi dengan pihak-pihak pihak yang bisa membantu terutama dengan pemerintah, sehingga insyaallah bantuan ini tidak hanya untuk yang dekat-dekat saja, tapi daerah terpencil bisa merasakan bantuan ini, mudah-mudahan bermanfaat sehingga mendapat air bersih yang mencukupi,” pungkasnya.