Meriah, Apel HAB Kemenag Ke-78 di Lereng Semeru Diikuti Ribuan Peserta

oleh -dibaca 357 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Apel Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-78 di Lumajang tahun ini terasa meriah, apel yang digelar di Lapangan Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai (BSD) yang ada di lereng Gunung Semeru tepatnya di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro ini diikuti ribuan peserta, Rabu (03/01/2024).

Ribuan peserta ini terdiri dari para guru, penyuluh, penghulu, santri Madrasah Diniyah dan Pesantren serta seluruh pegawai Kantor Kemenag Lumajang tanpa terkecuali, dilaksanakan sejak pukul 07.30 WIB hingga selesai dengan iringan hiburan tarian dari siswa-siswi madrasah.

Kepala Kemenag Lumajang, H Muhammad Muslim menuturkan, rencana awal Apel HAB Kemenag dilaksanakan di lokasi perkotaan seperti biasanya, namun karena beberapa alasan, apel tahun ini dilakukan di lokasi yang relatif jauh dari kota, yaitu sekitar 30 Kilometer dengan 1 jam perjalanan.

BACA JUGA:   Gus Kikin Pengasuh Pesantren Tebuireng Ditunjuk Jadi Penjabat Ketua PWNU Jatim

“Ini untuk menguji kesetiaan para pegawai, hari ini sangat bersejarah, luar biasa, kita seluruh keluarga besar Kemenag Lumajang berkumpul di tempat ini memperingati HAB Kemenag RI ke-78,” ungkap Muslim saat menyampaikan amanat.

Muslim menambahkan, tujuan lain dilaksanakan apel di hunian relokasi untuk korban bencana Semeru beberapa tahun lalu tersebut untuk mengenalkan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSn) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang kepada masyarakat yang dibangun di sana.

“Alhamdulillah angkatan pertama tahun ini jumlah siswanya 27 untuk MTsN dan 27 untuk MAN, insyaallah tahun depan akan meningkat,” imbuhnya.

Secara khusus Muslim berpesan di momen HAB Kemenag RI ke-78 ini, agar terus satu komando tegak lurus dengan Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas untuk terus bangkit menuju Indonesia maju.

BACA JUGA:   Menyongsong 1 Abad NU, Gedung NU Center MWCNU Senduro Akhirnya Diresmikan

“Maka bagi semuanya saya harapkan tingkatkan potensinya, bagi yang memiliki potensi berikan yang terbaik untuk Kemenag Lumajang, insyaallah tidak akan sia-sia, selain memilih yang terbaik kita harus menjadi yang terbaik, teruslah bangga menjadi bagian Kemenag Lumajang,” pungkasnya.