Kiai Qusyairi Jelaskan Tiga Cara Meraih Keutamaan Melaksanakan Shalat 

oleh -dibaca 567 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang, KH Ahmad Qusyairi menjelaskan cara meraih fadhilah (keutamaan) shalat, diantaranya yaitu menyegerakan shalat di awal waktu.

Hal itu Kiai Qusyairi jelaskan saat Ngaji Kitab Irsyadul Ibad di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Selasa (09/01/2024).

“Kemudian yang kedua tempat untuk melaksanakan shalat, dan yang ketiga shalat berjamaah dengan jumlah makmum yang banyak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kiai Qusyairi menerangkan bahwasanya Ummu Farwah mengatakan, Allah SWT cinta kepada seorang hamba yang menyegerakan shalatnya di awal waktu.

“Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita berikhtiar untuk memperbaiki kualitas shalat walaupun kita masih tidak bisa menambah kuantitasnya,” terang Kiai Qusyairi saat menerangkan Kitab Irsyadul Ibad pada halaman 13.

BACA JUGA:   Inilah Output Puasa Ramadhan Menurut Wakil Ketua PCNU Lumajang

Kemudian, Kiai Qusyairi meneruskan penjelasannya, shalat di masjid itu lebih utama dari pada shalat di tempat lainnya dan shalat di masjid lebih banyak jamaahnya.

“Maka, dengan melakukan tiga cara meraih keutamaan shalat tersebut itu sudah termasuk ikhtiar kita untuk meningkatkan kualitas shalat-shalat kita,” pungkasnya.