Kepala Kemenag Lumajang: Ini 2 Kunci Jadi Pelajar Membanggakan

oleh -dibaca 1377 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang, H Muhammad Muslim menjelaskan, ada dua hal yang menjadikan seorang pelajar menjadi pelajar yang membanggakan, yaitu akhak dan ilmu.

Hal itu dijelaskan Muslim saat membuka pawai syiar bulan Muharram yang diadakan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 01 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang, Jum’at (28/07/2023) yang diikuti ratusan siswa-siswi.

Muslim mengatakan, pintar dan berprestasi menjadi harapan semua orang, namun jangan sampai hal itu mengesampingkan pentingnya pendidikan akhlakul karimah yang tidak boleh lepas dari diri para pelajar terutama murid madrasah.

“Imam Hulaini mengatakan, hal yang penting dimiliki anak muda adalah ilmu dan akhlak, jika keduanya dimiliki akan mencapai apa yang diinginkan dan derajatnya akan ditinggikan,” tegasnya.

BACA JUGA:   Gus Abdul Rouf: Pemuda Milenial adalah Pondasi Kekokohan Agama, Kemajuan Bangsa dan Negara

Madrasah yang dikenal kental dengan pendidikan agamanya menurut Muslim harus dijaga melalui sikap dan akhlak para generasi millenial madrasah di manapun dan kapanpun.

“Kalian adalah siswa-siswi madrasah maka harus memiliki akhlak, mencapainya harus dengan semangat belajar, dan belajar tidak hanya ada di madrasah bersama guru, di ma’had dan di manapun adalah tempat belajar,” imbuhnya.

Dengan ilmu dan akhlak tersebut, terangnya, maka selain membanggakan para guru dan orang tua, juga menjadi wasilah selamat dan sukses dunia akhirat.

“Pesan saya, madrasah hari ini menjadi pilihan utama masyarakat, maka ayo berpacu meningkatkan mutu dan kualitas madrasah, madrasah harus hadir untuk memenuhi itu,” pungkasnya.