Do’a Akhir dan Awal Tahun Hijriah, Lengkap dengan Artinya

oleh -dibaca 287 orang

Tahun Hijriah sebentar lagi akan berganti dari 1445 H ke 1446 H. Habib Utsman bin Yahya (Mufti Jakarta abad ke-19-20 M) dalam Maslakul Akhyar yang berisi kumpulan do’a memasukkan doa awal dan akhir tahun.

Do’a akhir tahun dibaca sebanyak 3 kali sebelum Maghrib pada akhir tahun tanggal 29/30 Dzulhijjah. Sementara do’a awal tahun juga dibaca sebanyak 3 kali setelah Maghrib pada awal tahun tanggal 1 Muharram. Sebab, perhitungan tahun hijriah dimulai setelah terbenamnya matahari.

Doa Akhir Tahun

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِيْ هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

BACA JUGA:   Kepala SMKN Klakah: Inilah Ciri-Ciri Kesuksesan Seorang Anak

Artinya: “Ya Allah, aku telah menerjang larangan-Mu tahun ini, sementara aku belum sempat bertaubat. Dengan karunia-Mu Engkau bersabar atas perbuatanku itu padahal Engkau mampu menyiksaku. Engkau telah menyeru kepadaku untuk bertaubat setelah aku lancang mendurhakai-Mu. Sungguh, aku memohon ampun maka ampunilah aku. Semoga Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah Kau putus harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالْعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

BACA JUGA:   Adakah Kitab yang Menerangkan Haul? Begini Penjelasan LBM PCNU

Artinya: “Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para pembesarnya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku buruk. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”