Sambut Tahun Baru Islam, Ansor Sumberpetung Gelar Istighatsah dan Shalawatan

oleh -dibaca 287 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Ranuyoso. Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Sumberpetung menggelar acara Istighatsah dan Shalawatan Bersama-sama di rumah Hasan, Desa Sumberpetung Kecamatan Ranuyoso, Jum’at (05/07/2024).

Ketua PR GP Ansor Sumberpetung, Misbahul Jannah mengatakan bahwa salah satu tujuan acara tersebut adalah silaturrahmi sekaligus untuk mengingat dan lebih mengenal tentang adanya tahun Hijriah.

“Di jaman yang secanggih ini, semakin banyak generasi muda yang tidak mengenal tahun Hijriah, makanya kami mengadakan acara ini untuk mengenalkan tahun Hijriah kepada mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa acara tersebut difokuskan untuk lebih memperbanyak bershalawat kepada Rasulullah SAW, sebab pada kekhalifahan Sayyidina Umar bin Khattab RA tahun Hijriah ditetapkan berdasarkan awal hijrahnya Rasulullah SAW.

BACA JUGA:   Ansor Randuagung Rayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Bersholawat

“Di akhir acara, kami makan bersama seperti santri-santri di pondok yang dikenal dengan istilah mayoran, tujuannya agar kami ingat waktu nyantri sehingga tetap menjunjung tinggi nilai-nilai santri,” pungkasnya.