Dalam praktik salat Jumat, kita sering menjumpai seseorang yang berdiri di depan jamaah sebelum khatib naik ke mimbar. Orang ini dikenal sebagai muraqi atau bilal. Tugasnya adalah menyampaikan imbauan agar jema’ah menyimak khutbah dengan penuh perhatian dan tidak berbicara ketika khatib sedang berkhutbah.
Namun, sebagian kalangan menganggap tradisi muraqi ini sebagai bagian dari bid’ah dhalalah atau perbuatan yang sesat dalam agama. Padahal, jika ditelaah lebih dalam, tradisi ini memiliki dasar kuat dari praktik para ulama dan bersandar pada dalil-dalil yang sahih.
Dalam kitab Hasyiyah al-Jamal ‘ala Syarh al-Minhaj juz 2 halaman 35, Syaikhul Islam Zakariyya al-Anshari menjelaskan sebagai berikut:
وعبارة ح ل واتخاذ المرقي بدعة حسنة لم تفعل في عهده صلى الله عليه وسلم ولا عهد الخلفاء الثلاثة بعده كذا في عبارة شيخنا وعبارة غيره حدث بعد الصدر الأول قال حج وأقول يستدل لذلك أي للسنة (بأنه صلى الله عليه وسلم أمر من يستنصت له الناس عند إرادته خطبة منى في حجة الوداع) وهذا شأن المرقي فلا يدخل في حد البدعة أصلا انتهت اه
“Menjadikan seorang muraqi dalam salat Jumat termasuk bid’ah hasanah. Memang, hal ini tidak dilakukan pada masa Nabi SAW maupun masa Khulafaur Rasyidin. Namun, sebagaimana dijelaskan oleh guru kami dan para ulama lainnya, hal ini baru muncul setelah generasi sahabat. Saya (Ibnu Hajar al-Haitami) berpendapat bahwa disyariatkannya muraqi ini didasarkan pada perintah Nabi SAW yang menyuruh seseorang untuk meminta jamaah diam dan menyimak ketika beliau hendak berkhutbah di Mina dalam haji Wada’. Maka dari itu, praktik muraqi tidak masuk dalam kategori bid’ah yang tercela.”
Penjelasan senada juga terdapat dalam kitab Tanwir al-Qulub fi Mu’amalati ‘Allami al-Ghuyub karya Syekh Muhammad Amin al-Kurdi:
وأما اتخاذ المرقي فحدث بعد الصدر الأول على أنه ورد (أنه صلى الله عليه وسلم أمر من يستنصت له الناس في خطبة منى في حجة الوداع) وهذا شأن المرقي فلا يدخل في حد البدعة أصلا. إذ في تلاوة الآية (إن الله وملائكته يصلون على النبي) تنبيه وترغيب فى الإتيان بالصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم في هذا اليوم العظيم المطلوب فيه اكثاره. وفي قراءة الحديث بعد الآذان (إذا قلت لصاحبك يوم الجمعة أنصت، والإمام يخطب فقد لغوت) رواه مسلم وغيره ايقاظ للمكلف لاجتناب الكلام المحرم او المكروه. وكان النبي صلى الله عليه وسلم يقول هذا الخبر على المنبر في خطبته. فالحديث المذكور صحيح قال الشبراملسى ولعله كان يقول في ابتداء الخطبة لكونه مشتملا على الأمر بالإنصات اه
“Menjadikan seorang muraqi dalam salat Jumat memang muncul setelah masa sahabat. Akan tetapi, Nabi SAW sendiri pernah memerintahkan seseorang agar membuat jamaah diam saat beliau menyampaikan khutbah di Mina. Inilah hakikat tugas muraqi. Maka dari itu, hal ini tidak tergolong bid’ah yang tercela. Bahkan, dalam bacaan ayat ‘Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi’ terdapat motivasi untuk memperbanyak shalawat pada hari Jumat. Adapun hadits Nabi SAW yang berbunyi, ‘Jika engkau berkata kepada temanmu: Diamlah! sementara imam sedang berkhutbah, maka engkau telah sia-sia,’ adalah hadits sahih yang juga menunjukkan pentingnya mengingatkan jamaah untuk diam. Nabi sendiri pernah menyampaikan hadits ini dari atas mimbar.”
Syekh Syibramalisi juga menyatakan, kemungkinan Nabi SAW menyampaikan hadits tersebut di awal khutbah, karena mengandung perintah untuk menyimak khutbah dengan tenang dan penuh perhatian.
Dalam Syarh Shahih al-Bukhari karya Ibnu Bathal, disebutkan sebuah hadits yang menguatkan praktik muraqi sebagai bentuk amar ma’ruf untuk mendengarkan khutbah:
باب الانصات يوم الجمعة والامام يخطب، وإذا قال لصاحبه أنصت فقد لغا وقال سلمان عن النبي عليه السلام : (ينصت إذا تكلم الامام). / ٥٥ – فيه : أبو هريرة أن النبي عليه السلام قال : (إذا قلت لصاحبك يوم الجمعة انصت، والامام يخطب فقد لغوت) اه
“Jika engkau berkata kepada temanmu pada hari Jumat: Diamlah! Sementara imam sedang berkhutbah, maka engkau telah sia-sia.” (HR. Abu Hurairah, dalam Shahih al-Bukhari)
Hadits ini tidak hanya menunjukkan pentingnya menyimak khutbah, tetapi juga membenarkan perlunya ada orang yang mengingatkan jamaah agar fokus ketika khutbah berlangsung—sebuah fungsi yang secara substansi dijalankan oleh seorang muraqi.
Dengan berbagai keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa tradisi muraqi atau bilal dalam salat Jumat bukanlah bid’ah dhalalah, melainkan bentuk bid’ah hasanah yang memiliki dasar syariat. Praktik ini telah dilakukan oleh para ulama Ahlussunnah wal Jamaah dan bertujuan menjaga kekhusyukan khutbah Jumat.