Sambut Lailatul Qadar, Inilah 4 Amalan yang Dianjurkan

oleh -dibaca 227 orang

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia di bulan Ramadan, dan telah disebutkan di dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Lailatul Qadar ini terjadi di bulan Ramadhan, tepatnya malam ganjil di malam 10 terkahir dibulan Ramadhan.

Pada malam 10 terkahir di bulan Ramadhan diajurkan agar ummat Islam agat memaksimalkan ibadahnya dan juga amalannya agar mendapatkan kemuliaan pada malam Lailatul Qadar.

Lalu apa amalan yang harus dikerjakan oleh umat Nabi SAW? Sebagaimana Nabi Muhammad SAW, sahabat, tabi’in dan ulama, mengerjakan amalan di hari terkahir bulan Ramadhan.

1. Rajin beribadah dan beramal baik

ان رسول الله صلى الله عليه وسلم، يَجْتَهِدُ في رَمَضَان مَا لَا يَجْتَهِدُ في غَيْرِه، وَفي العَشْرِ الأُوَاخِرِ مِنْهُ مَا لا يَجْتَهِدُ في غَيْرِه (رواه مسلم)

BACA JUGA:   Baca Surat Al Fatihah 100 Kali Akan Ada Keajaiban yang Didapat, Berikut Penjelasannya

Artinya: Rasulullah SAW sangat giat beribadah di bulan Ramadhan melebihi ibadahnya di bulan yang lain, dan pada sepuluh malam terakhirnya beliau lebih giat lagi melebihi hari lainnya.

2. I’tikaf

عن ابن عمر رضي الله عنه، كان رسول الله صلى الله عليه وسلم، يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأَوَاخِر مِنْ رَمَضَان. (متفق غليه)

Artinya: Dari Ibn Umar ra, Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

3. Banyak bersedekah

كَانَ رسول الله صلى الله عليه وسلم، أَجوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجودُ مَايَكُونُ فِي رَمَضَان حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْل. (متفق عليه)

Artinya: Rasulullah SAW adalah orang yang sangat dermawan kepada siapapun, dan pada bulan Ramadhan beliau lebih dermawan lagi saat Jibril menemui beliau.

BACA JUGA:   Silaturrahim Saat Lebaran, Inilah 10 Keutamaannya

4. Banyak berdoa

قَالَت يَا رسول الله أَرَأَيْتُ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيَلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُوْلُ فِيْهَا قَالَ، قُولِي اللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ (رواه الترمذي)

Artinya: Aisyah ra berkata, “Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, doa apa yang aku katakan?” Beliau berkata, “Katakan: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan menyukai maaf, maka maafkan aku.”