Pemberangkatan 796 Jemaah Haji Lumajang Diwarnai Isak Tangis Keluarga

oleh -dibaca 787 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pemberangkatan 796 Jemaah Haji (JCH) Kabupaten Lumajang dari Pendopo Arya Wiraraja Lumajang diwarnai isak tangis keluarga, Sabtu sore (10/6/2023).

Tidak sedikit, sanak keluarga menangis histeris saat jemaah menaiki kendaraan yang disiapkan panitia dari Kementerian Agama Lumajang.

“Ya berat saja mas, karena bapak ibuk akan tinggal disana (mekkah) selama satu bulanan”, ungkap Farida, salah satu keluarga dari Calon Haji.

Namun meski begitu, pihak keluarga mengaku bersyukur bisa melihat dan mengantarkan keluarga mereka menunaikan rukun islam ke-lima, yakni Ibdah Haji.

Dari 796 jemaah, terbagi menjadi dua Kelompok Terbang (Kloter) yakni kloter 48 dan 49. Para jemaah ini diberangkatkan langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menggunakan 19 armada Bus.

BACA JUGA:   Perwakilan NU Lumajang Siapkan yang Terbaik di Presentasi Final NU Award Jatim 2022

Dalam sambutannya, kader NU ini berpesan agar jamaah menjaga kesehatan, terutama saat menjalani ibadah haji di Mekkah.

“Pesan kami, jaga kesehatan, agar ibadahnya lancar dan semoga menjadi haji Mabrur,” pesan Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang.

Sebelum terbang ke Saudi Arabia, jemaah  ini akan terlebih dulu ditransitkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas kesehatan Haji.

“Kloter 48 dan 49 dijadwalkan masuk asrama haji Sukolilo pukul 19.00 sebelum nantinya terbang ke Jeddah,” pungkas Kepala Kementerian Agama Lumajang, Muhammad Muslim.