Lomba Baca Kitab Safinatun Najah, Kualitas Santri Madin di Luar Pesantren Berkembang Pesat

oleh -126 views

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMI NU) mengadakan lomba baca kitab Safinatun Najah bagi Santri Madrasah Diniyah di Gedung PCNU 1 pada Ahad (06/10/22).

Ketua PC RMI NU KH. Ahmad Dzunnajah mengatakan lomba baca kitab Safinatun Najah kali ini diikuti oleh 27 peserta Madrasah Diniyah dari beberapa kecamatan di Lumajang.

“Alhamdulillah ini lomba baca kitab Safinatun Najah dilakukan yang ke sekian kalinya di PC RMI NU Lumajang,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa lomba kali ini diikuti oleh Madrasah Diniyah yang tidak bernaung di pondok pesantren, karena PC RMI NU ingin mengetahui sampai di titik mana pembelajaran di luar pesantren.

BACA JUGA:   Peduli Yatim, Madin Nurul Huda Kunir Gelar Santunan

“Ternyata keberhasilan di luar pesantren juga ada kemajuan dari pada beberapa tahun yang lalu. Sekarang kita uji dengan kitab Safinatun Najah gundulan dan sistem materi yang diacak, alhamdulillah sudah bisa, hasilnya sudah luar biasa sekali, kami bangga,” ungkap Gus Dzun.

Ia menjelaskan sistem lomba baca kitab ini yaitu peserta baca kitabnya sesuai materi yang telah diambil acak, kemudian ditanyai soal ilmu Nahwu dan Shorrofnya.

“Ke depan kita berharap bisa menambah materi lomba dari kitab fiqih, tauhid, tajwid. Insya Allah tahun 2023 materinya sudah lebih siap, karena guru-gurunya sudah kami persiapkan agar mengikuti pembinaan-pembinaan, metode cara cepat membaca kitab kuning, ada yang pakai amtsilati, al-miftah dan lain sebagainya,” jelasnya

BACA JUGA:   Wujudkan Santri Mandiri Berwirausaha, Hipsi Gelar Safari Ramadhan

Ketua PC RMI NU itu berharap, ke depan Madin yang di luar pesantren terus meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga paling tidak untuk masuk ke pondok pesantren itu sudah ada bekal sudah bisa nulis pegon dan baca kitab.

Berikut para Juara lomba baca kitab Safinatun Najah :

Putra :

Juara 1 nama Alfin Afdhal Khabibi Nilai 177

Juara 2 nama nilai 137

Juara 3 nama Dion Saputra Nilai 125

 

Putri :

Juara 1 nama Vauziyah Mufarroha Nilai 184

Juara 2 nama Hamidah Nilai 176

Juara 3 nama Wildania Alif Taqiya Nilai 156

Tentang Penulis: Farodis Diana

Gambar Gravatar
Farodis Diana Kontributor Berita LTN NU Lumajang

No More Posts Available.

No more pages to load.